Soloraya
Rabu, 8 Juni 2016 - 23:15 WIB

INFRASTRUKTUR WONOGIRI : Desain Awal Alun-Alun Sudah Ada, Anggaran Rp1 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (tengah), mengunjungi bangunan Panggung Budaya di Alun-alun Giri Krida Bhakti yang akan dibongkar, Rabu (8/6/2016). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Wonogiri, Pemkab sudah miliki desain awal penataan alun-alun.

Solopos.com, WONOGIRI–Bangunan Panggung Budaya di Alun-alun Giri Krida Bhakti akan diganti dengan bangunan panggung yang lebih terbuka. Selain Panggung Budaya, gapura alun-alun yang menghadap Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri juga akan dirobohkan.

Advertisement

Pada Rabu (8/6/2016) siang, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mendatangi alun-alun bersama jajarannya. Sambil membuka gambar desain awal penataan alun-alun, Joko langsung berjalan menuju Panggung Budaya yang ada di alun-alun sisi utara. Sesuai gambar desain awal penataan alun-alun, bangunan Panggung Budaya dan gapura alun-alun sudah tidak terlihat lagi. Pada sisi utara tetap akan ada bangunan panggung. Namun latar belakang panggung lebih terbuka. Di belakang panggung juga terlihat lebih longgar, sehingga dapat digunakan untuk trotoar atau jogging track. Di sisi timur alun-alun terdapat beberapa bangunan pergola.

“Kami berharap alun-alun ini menjadi fasilitas publik yang nyaman untuk aktivitas masyarakat,” kata Joko. Dia berharap alun-alun dapat menjadi sarana olahraga dan sara bersosialisasi bagi masyarakat. Fasilitas trotoar pada alun-alun diharapkan dapat menjadi area jogging track yang dapat digunakan siapa saja.

“Alun-alun akan menjadi fokus kami. Anggaran sekitar Rp1 miliar dari perubahan anggaran tahun ini,” kata dia. Anggaran tersebut di antaranya digunakan untuk penggempuran bangunan Panggung Budaya dan gapura alun-alun. Seperti diketahui, Pemkab Wonogiri berniat membongkar bangunan panggung tersebut karena tidak masuk dalam aset daerah. Selain itu anggaran pembangunan panggung juga tidak jelas. Sedangkan lokasinya berada di tanah aset daerah. Joko berharap penataan alun-alun selesai akhir tahun ini. “Semoga pada malam tahun baru nanti sudah jadi,” kata dia.

Advertisement

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri, Toto Prasojo, mengatakan saat ini masih ada evaluasi terkait desain-desain yang sudah ada. “Desain yang saat ini sudah dilaporkan kepada bupati merupakan salah satu dari sekian alternatif. Desain itu pun masih awal, dan masih memungkinkan adanya evaluasi,” kata dia.

Toto mengatakan berdasarkan desain awal tersebut, alun-alun nantinya akan menjadi area publik yang ramah pengunjung dan ramah lingkungan. Desain alun-alun akan dibuat lebih terbuka.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif