Lifestyle
Jumat, 3 Juni 2016 - 05:00 WIB

RAMADAN 2016 : Tips Tetap Sehat Berpuasa

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi puasa (Bonappetit.com)

Ramadan 2016 segera tiba. Tips berpuasa bisa Anda jadikan acuan agar tetap fit selama puasa.

Solopos.com, JAKARTA – Menurut dokter selama menjalankan ibadah puasa, seseorang tak perlu mengurangi aktivitas. Membatasi kegiatan fisik justru akan membuat lemah dan lesu.

Advertisement

“Sebaiknya tidak membatasi aktivitas. Yang membuat tubuh lemas itu karena kita memanjakan badan,” kata Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan dr Mohammad Ali Toha di Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Dr Ali Toha menyarankan agar tetap berolahraga di sore hari agar tetap segar. Selain itu, tips lain menjalankan ibadah puasa dengan membatasi waktu tidur dan menjaga makanan serta minuman yang dimakan. Ia mengimbau agar menghindari makanan dan minuman mengandung gas, asam seperti cuka atau buah citrus, dan yang berlemak. Serta menjaga makan saat berbuka puasa.

“Saya lakukan penelitian orang yang berpuasa dengan yang tidak berpuasa. Ada yang puasa malah kolestrolnya naik, gula darah naik, karena makan berlebihan pada waktu berbuka,” kata dia seperti dikutip Antara.

Advertisement

Orang yang berpuasa juga disarankan memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

Dokter spesialis penyakit dalam dr Maulana Suryamin S.PD-KGEH mengatakan rasa perih dan nyeri lambung di awal-awal puasa merupakan hal wajar karena hal tersebut merupakan adaptasi tubuh.

Lambung beradaptasi terhadap perubahan jadwal makanan yang masuk ke tubuh sehingga menyebabkan gejala-gejala maag ringan. Namun rasa nyeri dan kembung perlahan akan menghilang seiring lambung yang sudah bisa beradaptasi.

Advertisement

“Kalau adaptasinya bagus, ada yang dua hari juga sudah enak lambungnya. Ada tiga hari, empat hari, tapi paling lama seminggu,” kata Maulana.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif