Lifestyle
Kamis, 2 Juni 2016 - 00:10 WIB

TIPS DIET SEHAT : Telan Balon, Metode Baru Diet Kilat

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi diet (Healthyopinion.com)

Tips diet sehat kali ini membahas tentang metode diet dengan pil Obalon.

Solopos.com, SOLO — Siapa sih yang tidak ingin program dietnya berhasil? Ada metode unik yang barangkali ingin Anda coba. Metode itu menggunakan balon yang harus masuk ke dalam perut.

Advertisement

Dikutip Liputan6 dari Women’s Health, Senin (30/5/2016), para peneliti telah menciptakan pil diet yang diberi nama Obalon, suatu pil Rx yang tidak mengandung obat, tapi balon. Balon kecil yang belum ditiup.

Pemegang resep obat ini akan menerima kapsul yang terhubung dengan tabung kecil. Begitu kapsul ini masuk ke dalam perut, dokter akan memompa gas nitrogen campuran untuk meniup balon (setiap balon mampu menampung secangkir gas; Anda bisa menelan sampai tiga buah pil dalam jangka waktu tiga bulan).

Tabung akan dikeluarkan, namun kantung udara di dalam usus Anda akan dibiarkan di dalam. Tabung ini akan mengambil tempat di usus yang akan membuat Anda jadi segan untuk mengonsumsi makanan lain. Inilah yang akan membuat berat badan Anda turun. Setelah enam bulan, dokter akan mengeluarkan balon udara tadi.

Advertisement

Obalon telah mendapatkan izin di Eropa. Dalam percobaan di Amerika Serikat (AS), para peneliti menemukan metode ini bisa membantu pasien obesitas membuang sampai tujuh persen berat tubuh mereka dalam jangka waktu enam bulan. Obat ini sekarang sedang menunggu izin keluar dari Food and Drug Administration (BPOM AS).

Ternyata, metode seperti Obalon ini bukanlah cara baru, demikian menurut John Morton, M.D, kepala bedah Bariartik dan Operasi Kecil di Stanford School of Medicine.

Gastrik balon seperti Obalon secara umum hanya direkomendasikan pada pasien dengan indeks massa tubuh (BMI) 30-40, level yang sudah digolongkan dalam obesitas. Jadi, jika BMI Anda belum mencapai angka tadi, sebaiknya Anda tetap memilih pola makan yang sehat dan rajin berolahraga.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif