Soloraya
Senin, 30 Mei 2016 - 17:15 WIB

KEBUTUHAN POKOK BOYOLALI : Disnakan: Pengendalian Harga Daging Sapi Jangan Rugikan Peternak

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Harga Daging Sapi. (JIBI/Solopos)

Kebutuhan pokok Boyolali, Disnakan dukung kebijakan kendalikan daging sapi dengan syarat tak merugikan peternak.

Solopos.com, BOYOLALI–Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar harga daging sapi menjelang Bulan Puasa bisa ditekan ke angka Rp80.000/kilogram.

Advertisement

Kendati demikian, Kepala Disnakkan Boyolali, Bambang Jiyanto, berharap kebijakan tersebut disertai skema yang jelas agar tidak merugikan peternak sapi dan para jagal sapi.

Bambang menjelaskan biaya produksi peternak sapi saat ini cukup tinggi, terutama untuk pakan harian berupa hijauan dan konsentrat. Sementara menjelang Bulan Puasa dan Lebaran, permintaan daging meningkat tanpa dibarengi penambahan pasokan sapi.

“Jadi harapannya ada skema secara detail bagaimana agar harga daging sapi bisa ditekan sampai dengan harga Rp80.000/kilogram tanpa merugikan peternak,” kata Bambang, kepada Solopos.com, belum lama ini.

Advertisement

Di Boyolali jumlah populasi sapi potong mencapai 85.000-an ekor. Namun jumlah populasi tersebut bukan ready stock, melainkan ada yang masih dipelihara para petani atau peternak. “Jadi belum ada pedagang atau pengusaha yang khusus menyediakan stok sapi potong. Yang ada hanya di tingkat petani, siklus pasarnya memang terbentuk secara alami,” kata Bambang.

Jiyanto menyebut stok daging sapi Boyolali saat ini masih surplus. Namun pada realisasinya, para jagal sapi memotong sapi untuk kebutuhan daging se-Soloraya.

Dia pun berharap kebijakan Jokowi itu tidak merugikan para jagal. Jagal sapi rata-rata membeli sapi hidup pada harga Rp40.000-43.000/kg. Padahal menjelang puasa dan lebaran, harga sapi dari petani juga meningkat.

Advertisement

Sementara itu, dari pantauan Solopos.com, harga daging sapi di Pasar Boyolali Kota masih stabil di kisaran Rp100.000 hingga Rp120.000/kg.

“Untuk harga daging sapi kering kualitas baik adalah Rp120.000/kilogram. Itu harga sudah sejak Lebaran tahun lalu. Sampai sekarang bertahan ndak pernah mau turun,” kata salah seorang pedagang daging sapi, Endang.

Kondisinya berbeda untuk daging sapi kualitas menengah yang merangkak naik Rp5.000 hingga Rp10.000/kilogram menjelang Puasa ini.

“Harga daging kualitas sedang yang biasanya Rp85.000 hingga Rp90.000/kilogram, sekarang sudah Rp100.000/kilogram,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif