Sport
Senin, 30 Mei 2016 - 01:00 WIB

INDONESIA OPEN 2016 : Merah Putih Bidik 3 Gelar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tontowi-Liliyana (Badmintonindonesia.org)

Indonesia Open 2016 bakal bergulir 30 Mei hingga 5 Juni 2016.

Solopos.com, JAKARTA Indonesia bertekad bangkit dari kegagalan di Indonesia Open Super Series Premier dalam dua tahun terakhir beruntun. Sebagai tuan rumah, kontingan Merah Putih bahkan tak ragu mematok target tiga gelar pada tahun ini.

Advertisement

Manajer tim pemusatan latihan nasional (Pelatnas) ke Indonesia Open, Ricky Soebagdja, mengungkapkan atlet-atlet Indonesia telah siap tempur. Pasangam ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan adalah salah satu yang dipatok merebut gelar juara.

Indonesia Terbuka dilangsungkan di Tanah Air mulai Senin (30/5/2016), sampai Sabtu (5/6/2016). Hendra Setiawan dkk. menyambut turnamen itu dengan memori kegagalan merebut gelar dalam dua tahun beruntun. Kali terakhir Indonesia meraih titel adalah pada 2013 lalu. Saat itu, pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menyelamatkan muka Indonesia dengan menyabet gelar di nomor ganda putra.

Kekuatan Indonesia relatif tak berubah dalam tiga tahun terakhir. Pasukan Merah Putih juga masih bertumpu kepada Hendra/Ahsan, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, dan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari. Harapan turut digantungkan pada Praveen Jordan/Debby Susanto yang sukses menjadi juara di All England.

Advertisement

“Saya rasa waktu satu minggu untuk beristirahat [setelah Piala Thomas dan Uber 2016] sudah cukup untuk. Seluruh atlet yang turun dalam turnamen ini sudah dalam keadaan 100 persen. Karena itu kami memasang target tiga gelar juara,” kata Ricky, seperti dilansir Detik.com, Minggu (29/5/2016).
Ricky menyebut Pelatnas menurunkan 44 pemain di turnamen berhadiah total USD 900.000 atau lebih dari Rp12 miliar tersebut. Sebagian pemain pelatnas harus melewati babak kualifikasi, sebagian lain sudah otomatis ke babak utama.
Firman Abdul Kholik adalah salah satu pemain Pelatnas tunggal putra yang harus merangkak dari babak kualfikasi. Dia akan menghadapi Zi Liang Derek Wong dari Singapura. Di sektor tunggal putri, di antaranya Gregoria Mariska Tunjung akan akan menghadapi Jauza Fadhila Sugiarto di babak pertama kualifikasi.
Sementara itu Hendra/Ahsan akan tampil unggulan kedua dan akan menghadapi pasangan Hong Kong, Or Chin Chung/Tang Chun Man.

Ricky menambahkan pemain-pemain lain yang tak dibebani target gelar juara diharapkan menimba ilmu sebanyak mungkin dan bisa terus berkembang. “Untuk pemain lain [di luar yang dijagokan juara) di Indonesia Open ini bertujuan untuk menambah jam terbang dan menaikkan peringkat,” jelas Ricky.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif