Sport
Minggu, 22 Mei 2016 - 08:30 WIB

DFB POKAL 2015/2016 : Bekuk Dortmund Lewat Adu Penalti, Bayern Muenchen Juara!

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Bayern Munchen merayakan gelar juara (Twitter)

DFB Pokal 2015/2016 akhirnya dijuarai Bayern Muenchen.

Solopos.com, BERLIN — Bayern Muenchen sukses meraih gelar juara DFB-Pokal 2015/2016. Tim berjuluk Die Roten itu menjadi juara seusai mengalahkan Borussia Dortmund 4-3 lewat adu penalti.

Advertisement

Seperti dilansir Detik, Minggu (22/5/2016), bertanding di Olympiastadion, Minggu dini hari WIB, Bayern Muenchen tampil mendominasi sebagaimana ciri khas mereka. ESPN mencatat anak asuh Pep Guardiola menguasai bola hingga 70%.

Namun demikian, baik Bayern dan Dortmund sama-sama kesulitan menciptakan peluang nyata. Sepanjang laga, Bayern melepaskan 17 tembakan dan cuma tiga yang mengarah ke gawang. Sedang Dortmund punya sembilan percobaan dan hanya satu yang on target.

Advertisement

Namun demikian, baik Bayern dan Dortmund sama-sama kesulitan menciptakan peluang nyata. Sepanjang laga, Bayern melepaskan 17 tembakan dan cuma tiga yang mengarah ke gawang. Sedang Dortmund punya sembilan percobaan dan hanya satu yang on target.

Bayern langsung memberikan ancaman di awal pertandingan ketika Thomas Mueller melepaskan sepakan dari luar kotak penalti di menit keempat. Bola masih melayang tipis di atas gawang Roman Burki.

Mueller kembali menjadi sosok berbahaya untuk Dortmund di menit ke-22. Sundulannya menyambut umpan sepak pojok Douglas Costa masih bergulir sedikit di kiri atas gawang.

Advertisement

Dortmund lantas balas mengancam melalui serangan balik di menit ke-33. Gonzalo Castro melepaskan umpan ke Pierre-Emerick Aubameyang, hanya saja penyelesaian akhirnya masih melenceng tipis ke kiri.

Dua menit jelang babak pertama berakhir, Dortmund sempat mengancam lewat upaya Sven Bender dari dalam kotak penalti meneruskan sodoran Lukasz Piszczek. Berakhir di tangan Manuel Neuer.

Babak Kedua

Advertisement

Setelah percobaan Marco Reus diblok di menit pertama babak kedua, Dortmund menciptakan peluang di menit ke-50 melalui sundulan Mats Hummels. Masih sedikit melambung.

Bayern lantas balas menekan, tapi berulang kali upaya mereka gagal menemui sasaran. Sepakan Franck Ribery dan Lewandowski dalam waktu berdekatan masih melenceng.

Dortmund merespons lewat sepakan Aubameyang usai menerima operan Reus. Tapi juga tak mengarah ke gawang, masih melambung. Bayern nyaris memecah kebuntuan di menit ke-75 lewat Ribery. Tapi Burki masih bisa menghalau bola untuk jadi sepak pojok Bayern.

Advertisement

10 menit kemudian, giliran Dortmund yang mendapatkan peluang bagus. Umpan silang mendatar Piszczek diterima Aubameyang yang cukup bebas di dalam kotak penalti, hanya saja sepakannya melambung. Tak ada gol sampai babak kedua berakhir, laga final harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Bayern Muenchen masih terus mendominasi permainan di babak tambahan yang pertama, tapi belum juga membuahkan hasil. Sejumlah upaya dari Lewandowski terhalang juga melambung, sementara upaya balasan dari Dortmund lewat Henrikh Mkhitaryan melenceng.

Di babak tambahan kedua, juga tak ada gol tercipta sehingga pemenang harus ditentukan lewat adu penalti. Empat penendang Bayern sukses menyarangkan bola ke dalam gawang, sedang hanya tiga penendang Dortmund yang sukses mengeksekusi.

Hasil itu membuat Bayern Muenchen meraih gelar ganda di kompetisi domestik setelah sebelumnya lebih dulu menjuarai Liga Jerman. Ini juga jadi kado tambahan dalam perpisahan dengan Guardiola.

Penalti

Bayern Muenchen
Vidal – Masuk
Lewandowski – Masuk
Kimmich – Gagal

Mueller – Masuk
Costa – Masuk

Dortmund
Kagawa – Masuk
Bender – Gagal
Sokratis – Gagal
Aubameyang – Masuk
Reus – Masuk

Susunan Pemain
Bayern Muenchen
: Neuer; Lahm, Kimmich, Boateng, Alaba; Vidal; Costa, Muller, Thiago, Ribery (Coman 108′); Lewandowski

Dortmund: Burki; Bender, Papastathopoulos, Hummels (Ginter 78′), Schmelzer (Durm 70′); Weigl, Castro (Kagawa 105′); Mkhitaryan, Piszczek, Reus; Aubameyang

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif