Otomotif
Rabu, 4 Mei 2016 - 14:30 WIB

INOVASI OTOMOTIF: BMW Racik Mesin Diesel Terganas, Dijejali 4 Turbo

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - BMW 750d Xdrive. (Topgear.com)

Inovasi otomotif mesin diesel paling bertenaga diciptakan BMW.

Solopos.com, MUNICH – Meski popularitas mobil diesel mulai turun, BMW masih berharap banyak pada mesin tanpa busi itu. Pabrikan asal Jerman itu bahkan telah menciptakan inovasi otomotif mesin diesel generasi terbaru paling ganas.

Advertisement

Mesin diesel anyar hasil inovasi otomotif BMW itu diklaim dapat menyemburkan tenaga sebesar 394 hp pada putaran mesin 4.000 rpm. Sedangkan jambakan torsinya mencapai 760,6 Nm yang dapat diraih pada putaran sangat rendah, yakni mulai 2.000 rpm.

Seperti dilansir laman Leftlenenews, Senin (2/5/2016), tenaga dan torsi sedahsyat itu bisa diperoleh berkat empat buah perangkat turbo (quad-turbocharger) yang dijejalkan BMW pada mesin diesel berkapasitas 3.000 cc enam silinder.

Mesin diesel terbaru itu dipercaya akan terselip pada kap sedan BMW 750d Xdrive bersama sistem all wheels drive yang mampu menghasilkan akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,5 detik dengan top speed 250 km/jam. Capaian tersebut setara dengan supercar Porsche 911 Targa.

Advertisement

Selain BMW 7 Series, quad-turbocharger kabarnya juga akan menggusur mesin diesel triple-turbocharger 3.000 cc enam silinder 381 hp/740 Nm yang tertanam pada seri X5, X6, X7, dan 5 Series. Tidak tertutup kemungkinan pula konfigurasi terebut diadopsi oleh BMW M Series namun dengan kapasitas mesin berbeda.

Sebagai informasi, inovasi otomotif berupa quad-turbocharger sebelumnya sudah digunakan oleh Bugatti pada model Veyron dan Chiron. Bedanya, pada mobil-mobil tercepat di dunia itu konfigurasi empat turbo dipadukan dengan mesin bensin, bukan diesel.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif