Otomotif
Minggu, 1 Mei 2016 - 22:10 WIB

SEPEDA MOTOR HONDA : Ini Jarak Tempuh New CBR150R Berbekal 1 Liter BBM

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Honda New CBR150R. (Welovehonda.com)

Sepeda motor Honda New CBR150R konsumsi bensinnya melebihi klaim AHM.

Solopos.com, BOGOR – PT Astra Honda Motor (AHM) mengklaim New CBR150R memiliki rasio konsumsi bahan bakar minyak (BBM) 39,72 km/liter dengan metode perhitungan carbon balance ECE-40R. Lantas seberapa irit sepeda motor itu untuk pemakaian sehari-hari?

Advertisement

Salah satu pembuktian konsumsi BBM sepeda motor Honda New CBR150R dilakukan oleh pengamat otomotif Taufik Hidayat. Ia menggunakan cara sederhana, yaitu mengosongkan tangki dan saluran injeksi, memasukkan BBM, kemudian membawa motor berjalan sejauh-jauhnya dengan gaya berkendara normal.

“Bahan bakar satu liter Pertamax RON 92, arena tes jalanan umum Kota Bogor, pengetes saya sendiri tinggi 160 cm bobot 60 kg. Pengukuran jarak menggunakan tripmeter,” papar Taufik dalam blog otomotifnya, Tmcblog, Jumat (29/4/2016).

Dalam pengetesan tersebut, berdasarkan grafik GPS dan Race Logic, kecepatan maksimum yang berhasil diraih Taufik adalah 80 km/jam dengan tujuh titik berhenti (0 km/jam). Sedangkan rata-rata putaran mesinnya ada di kisaran 5.500-6.000 rpm.

Advertisement

“Saat tripmeter mencapai jarak 49 km, motor terasa batuk-batuk tapi belum berhenti. Tepat saat tripmeter menunjukkan 50,4 km, motor berhenti dan enggak bisa di starter lagi, menandakan bahan bakar di dalam tangki sudah habis,” imbuhnya.

Konsumsi BBM Honda New CBR150R versi hitungan elektronik. (Motorpacu.com)

Tetapi tanpa perlu repot-repot menggunakan metode tersebut, kuda besi bermesin DOHC 149,16 cc itu sebenarnya sudah dibekali fitur elektronik canggih bernama fuel consumption meter. Tugasnya tidak lain untuk menghitung rata-rata konsumsi BBM sepeda motor Honda New CBR150R secara otomatis. Lantas berapa hasilnya?

Advertisement

“Tertera 56,3 km/liter. Jadi ada perbedaan di mana pembacaan di display fuel consumption meter selisih sekitar 5,9 km/liter [lebih irit] dibandingkan perhitungan real secara empiris,” papar Taufik dalam tulisan terpisah yang dimuat laman Motorpacu.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif