Teknologi
Minggu, 1 Mei 2016 - 20:10 WIB

HASIL PENELITIAN : Seberapa Jauh Manusia Bisa ke Inti Bumi?

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi lapisan Bumi (www.northwestern.edu)

Hasil penelitian mengungkap seberapa jauh manusia bisa ke inti Bumi.

Solopos.com, SOLO – Peneliti selalu berpikir untuk membawa manusia ke luar angkasa. Namun sangat jarang memikirkan untuk masuk ke dalam tanah. Lantas seberapa jauh manusia masuk ke tanah?

Advertisement

Dikutip Okezone dari Extreme Tech, Minggu (1/5/2016) sepanjang sejarah, manusia bisa melakukan perjalanan ke dalam tanah sejauh 12 kilometer, atau 0,2 persen menuju inti Bumi. Kendati manusia dapat pergi lebih dalam, namun hal itu sangat tidak dianjurkan.

Dalam perjalanan menuju inti Bumi, suhu akan semakin meningkat secara drastis. Di kerak bumi, suhu akan meningkat 25 derajat dalam setiap satu kilometer perjalanan. Jika Anda masuk sedalam 10 kilometer, maka suhu bisa berkisar 250 derajat.

Setelah keluar dari kerak Bumi, Anda akan dihadapkan dengan lapisan mantel Bumi. Dalam lapisan ini, suhu akan berkisar 650-1.220 derajat celcius. Butuh teknologi tinggi untuk dapat melakukan perjalanan ke inti Bumi.

Advertisement

Dalam sejarah, pengeboran paling dalam dilakukan oleh Rusia. Dalam proyek yang bernama Kola Superdeep Borehole, pengeboran harus berhenti di kedalaman 12 kilometer. Pada waktu itu, proyek dihentikan karena terlalu berbahaya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif