Lifestyle
Sabtu, 16 April 2016 - 02:30 WIB

INFO HIDUP SEHAT : Waspada, Malas Jaga Kesehatan Mulut Tingkatkan Risiko Stres!

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi membersihkan gigi (Cosmopolitan)

Info hidup sehat dapat membantu Anda untuk lebih menjaga kesehatan mulut.

Solopos.com, SOLO — Kesehatan mulut merupakan hal penting yang harus kita jaga. Setidaknya kita perlu menyikat gigi tiga kali sehari dan mengunjungi dokter gigi minimal satu kali dalam setahun.

Advertisement

Rajin menyikat gigi akan menghindarkan kita dari gigi berlubang dan bau mulut yang bisa membuat kita tidak percaya diri. Seperti dikutip Solopos.com dari laman Cosmopolitan, Rabu (13/4/2016), menggosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur akan mengurangi risiko gigi berlubang dan bahaya kesehatan lainnya. Berikut bahaya yang akan terjadi jika Anda lalai merawat kesehatan mulut.

1. Stres
Jika Anda termasuk orang yang malas merawat kesehatan mulut, Anda akan mudah stres karena buruknya kebersihan mulut akan berkontrobusi memicu peradangan dan gangguan psikologis Anda. Maka luangkanlah waktu untuk menyikat gigi.

2. Diabetes
Mulut kering dan kurang bersih akan memperburuk kondisi kesehatan, seperti diabetes. Anda akan mudah terkena diabetes jika Anda melakukan gaya hidup buruk seperti jarang menyikat gigi. Mulut yang tidak dibersihkan setelah makan makanan manis akan menyisakan molekul pada mulut, yang berkontribusi terhadap ketidakstabilan zat pengatur gula darah.

Advertisement

3. Masalah Kognitif
Mulut yang bersih dan sehat dapat membantu mengatur fungsi otak. Studi menunjukkan penyakit gusi yang disebabkan oleh buruknya kebersihan mulut akan meningkatkan risiko Alzaimer.

4. Osteoporosis
Gigi dan lidah yang sehat mampu membantu menjaga tulang Anda lebih kuat. Mulut yang tidak sehat akan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Nah, keropos tulang atau osteoporosis di usia senja bisa terjadi karena kesehatan mulut yang buruk.

5.  Penyakit Jantung
Bakteri berlebih di mulut dapat menjadi tempat berkembang biak patogen yang akan menyebabkan plak pada arteri. Lalu, plak pada arteri ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung hingga stroke. Nah, rajin menjaga kesehatan mulut, seperti menyikat gigi akan mengurangi risiko Anda terkena gangguan kesehatan tersebut. ( Dwi Septiani Putri/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Info Hidup Sehat
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif