Otomotif
Sabtu, 19 Maret 2016 - 18:45 WIB

TIPS OTOMOTIF : Mobil Diesel Jangan Diisi Bensin, Bahaya!

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mesin diesel VW. (Telegraph.co.uk)

Tips otomotif kali ini tentang bahaya premium bagi mobil diesel.

Solopos.com, SOLO – Mobil diesel peminum solar dikenal dengan konsumsi bahan bakarnya yang irit serta tenaga dan torsinya yang besar. Tetapi apa jadinya jika mobil diesel diisi dengan bensin? Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Advertisement

Mengisi mobil diesel dengan bahan bakar selain jenis solar adalah kekeliruan fatal. Tetapi hal itu cukup sering terjadi, terlebih jika seseorang mengendarai mobil rental dan tidak menanyakan spesifikasi mesinnya terlebih dahulu.

Dikutip Solopos.com dari laman Ototaiment, Jumat (18/3/2016), berikut ini adalah beberapa hal yang akan terjadi apabila mobil diesel diisi dengan bahan bakar jenis bensin.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman Ototaiment, Jumat (18/3/2016), berikut ini adalah beberapa hal yang akan terjadi apabila mobil diesel diisi dengan bahan bakar jenis bensin.

Mesin Menjadi Panas Berlebihan 

Penggunaan bensin pada mobil diesel membuat mesin cepat panas. Penyebabnya adalah kompresi bensin yang rendah, sekitar 10:1, dan sangat mudah terbakar. Sementara mesin diesel memiliki karakter mesin dengan kompresi tinggi mencapai 30:1 sehingga membutuhkan bahan bakar yang lebih kental dan tidak cepat terbakar, dalam hal ini solar.

Advertisement

Menggunakan bensin untuk mobil diesel juga membuat komponen nozzle injector kotor. Akibatnya meski pedal gas diinjak dalam, mesin hanya akan meraung tanpa menghasilkan tenaga yang kuat untuk membawa mobil berlari.

Filter Solar Tersumbat

Selain menyumbat nozzle injector, bensin juga dapat menyumbat filter solar pada mobil diesel. Alhasil mesin akan mengalami ngelitik dan tarikan terasa brebet.

Advertisement

Fuel Pump Rusak

Karena bahan bakar jenis bensin tidak sesuai dengan spesifikasi mesin diesel, maka umur fuel pump juga menjadi lebih singkat dan lebih cepat rusak. Jika sudah terlanjur rusak maka mobil harus menjalani servis besar alias turun mesin dengan biaya yang tentunya tidak sedikit.

Lantas bagaimana jika mobil diesel terlanjur diisi bensin? Tips otomotif yang ilansir laman Astra, langkah yang harus dilakukan adalah menguras bensin di dalam tangki dan fuel pump mobil. Tentu Anda membutuhkan bantuan mekanik untuk melakukannya.

Advertisement

Jika tidak ada mekanik yang dapat datang ke lokasi Anda, bawalah mobil ke bengkel terdekat. Tetapi usahakan mobil melaju dengan kecepatan rendah dan putaran mesin tidak lebih dari 1.000 rpm.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif