Soloraya
Kamis, 3 Maret 2016 - 10:35 WIB

FASILITAS KESEHATAN WONOGIRI : Duh, Lima Fasilitas Kesehatan Ini Rusak Berat

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Beberapa bagian dinding Puskesmas Manyaran retak. Foto diambil Rabu (2/3/2016). Puskesmas tersebut merupakan satu di antara lima bangunan fasilitas kesehatan di Wonogiri yang mendesak dilakukan perbaikan. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Fasilitas kesehatan di sejumlah wilayah ini rusak berat dan butuh penanganan segera.

Solopos.com, WONOGIRI – Sebanyak lima fasilitas layanan kesehatan di Wonogiri mendesak untuk diperbaiki. Salah satunya adalah Puskesmas Manyaran. Saat ini sudah ada tiga ruangan yang terpaksa dikosongkan karena kondisinya membahayakan.

Advertisement

Berdasarkan pantauan solopos.com di Puskesmas Manyaran, Rabu (2/3/2016), sudah terlihat retakan pada dinding-dinding bangunan. Retakan dinding pada bekas ruang kasir dan obat sudah cukup parah. Sedangkan di bangunan belakang yang sebelumnya digunakan untuk ruang poliklinik gigi, KB dan imunisasi kerusakan sudah cukup parah.

Selain dinding yang retak, atap ruangan sudah jebol, lantai keramik pun sudah amblas sehingga kondisi lantai bergelombang. Saat ini ketiga ruangan tersebut sudah tidak digunakan lagi karena dinilai membahayakan.

Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), Antin Endah, saat ini ada empat puskesmas yang kondisinya sudah mendesak untuk diperbaiki. Data tersebut didapatkan setelah pada 2015 lalu DKK bersama Dinas Pekerjaan Umum (DPU) melakukan survei ke-34 puskesmas dan lima pelayanan rawat inap yang ada di Wonogiri. Ada empat puskesmas yang masuk kategori rusak berat. Di antaranya adalah Puskesmas Manyaran, Giriwoyo 2, Baturetno 2 dan Paranggupito. Selain itu kondisi gedung layanan rawat inap Wuryantoro juga dinilai memprihatinkan.

Advertisement

“Kemudian tahun ini kami mengajukan untuk perbaikan tiga puskesmas,” kata dia. Pemerintah pun akan berupaya untuk mengajukan lagi proposal pembangunan puskesmas pada 2017 ke pemerintah pusat. Sedangkan untuk gedung rawat inap Wuryantoro akan diusulkan dari bantuan provinsi 2017.

“Kami berharap untuk gedung rawat inap Wuryantoro diperbaiki total,” kata dia.
Sebelumnya, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan selama lima tahun ke depan pemerintah akan memprioritaskan lima program pembangunan. Salah satunya adalah peningkatan kualitas fasilitas kesehatan.

“Kami berupaya agar pelayanan kesehatan itu menjadi benar-benar terjangkau bagi masyrakat. Bagaimana caranya agar tidak ada kesan diskriminatif terkait pelayanan kesehatan,” kata dia saat ditemui wartawan belum lama ini.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif