Lifestyle
Rabu, 2 Maret 2016 - 11:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Hindari Bau Mulut, Lakukan 4 Kebiasaan Ini!

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang bau mulut (Dentist-brampton.com)

Tips kesehatan cara hindari bau mulut dengan cepat.

Solopos.com, SOLO — Memiliki berbagai macam kesibukan terkadang membuat seseorang lupa akan kesehatan mulutnya. Alhasil, bau mulut pun sering muncul dan mengganggu.

Advertisement

Dijelaskan oleh dr. Harold Katz, seorang ahli kesehatan mulut di California, via Huffingtonpost pada Minggu (28/2/2016), berikut ini beberapa cara mudah untuk menghindari bau mulut.

Bawa Alat Pembersih Gigi dan Mulut
Anda mungkin kerap mendapati sisa makanan bersarang di gigi setelah selesai mengonsumsi makanan tertentu. Maka dari itu, ada baiknya membawa peralatan pembersih gigi dan mulut kemana pun Anda pergi.

Sikat, pasta gigi dan mouthwash dapat Anda gunakan setiap selesai makan. Agar praktis, Anda dapat membawa alat kebersihan mulut dan gigi tersebut dalam ukuran yang kecil.

Advertisement

Perbanyak Minum Air Putih
Minum air putih dalam jumlah banyak dapat membantu membersihkan sisa makanan yang menempel pada mulut. Sisa makanan tersebut menyebabkan timbulnya bakteri dalam mulut. Bakteri inilah yang menyebabkan timbulnya bau mulut.

Minum banyak air juga bermanfaat untuk mencerahkan warna gigi. Hal ini karena sebagian besar air mengandung florida yang bermanfaat untuk memutihkan gigi.

Hindari Makanan Manis dan Bertepung
Makanan yang mengandung banyak gula sebaiknya dihindari. Hal ini dikarenakan gula akan berinteraksi dengan bakteri dalam mulut. Kemudian, berpotensi menimbulkan asam yang merusak gigi sehingga timbul gigi berlubang.

Advertisement

Makanan bertepung juga menyebabkan hal yang sama dengan makanan manis. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan gigi, sebaiknya hindari mengonsumsi gorengan.

Cek secara berkala kondisi gigi Anda. Ingat gigi berlubang dapat menyebabkan bau mulut, karena banyak kuman dan bakteri yang bersarang pada bagian gigi berlubang itu.

Permen Karet dan Mint
Mengunyah permen karet atau mint dapat membantu memebersihkan gigi. Kedua bahan tersebut dapat meningkatkan air liur dalam mulut. Air liur ini berperan dalam membersihkan sisa makanan dan plak dalam mulut. Dengan begitu, maka Anda akan terhindar dari risiko bau mulut. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif