Teknologi
Minggu, 14 Februari 2016 - 07:00 WIB

INOVASI TEKNOLOGI : Brain Wave Life Guardian Bisa Bikin Pengguna Gerakkan Benda dengan Pikiran

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Brain Wave Life Guardian (Dailymail)

Inovasi teknologi Brain Wave Life Guardian membuat kita bisa menggerakkan kendaraan dengan pikiran.

Solopos.com, SOLO — Inovasi teknologi bernama Brain Wave Life Guardian telah diperkenalkan. Alat buatan perusahaan asal Taiwan, Akust Technology, itu bisa membaca pikiran kita saat berkendara untuk mengurangi kecelakaan.

Advertisement

Seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (12/2/2016), inovasi teknologi Brain Wave Life Guardian, menarik perhatian di Consumer Electronics Show (CES) Las Vegas 2016, Amerika Serikat, bulan lalu.

Inovasi teknologi Brain Wave Life Guardian membaca sinyal elektrik yang dikeluarkan oleh otak saat kita memikirkan sesuatu. Brain Wave Life Guardian dilengkapi dengan sebuah chip kecil yang nantinya diletakkan di dahi dan telinga pengguna untuk membaca sinyal elektro dari otak.

Inovasi teknologi Brain Wave Life Guardian membantu kita untuk kembali berkonsentrasi ketika berkendara, karena sinyal otak akan berubah ketika fokus kita teralihkan atau bahkan hilang.

Advertisement

Brain Wave Life Guardian dapat segera mengirimkan sinyal peringatan berupa getaran ke gelang yang terhubung dengan alat ini atau berupa alarm. Inovasi teknologi besutan  Akust Technology ini juga dilengkapi dengan aplikasi yang mengizinkan pengguna untuk mengirim pesan singkat dengan bantuan GPS.

Saat acara CES, pemilik dari Akust Technology, Stanly Yang, melibatkan  wartawan untuk mencoba inovasi teknologi Brain Wave Life Guardian dalam memandu atau mengendalikan mobil mainan kecil yang berada di sebuah jalur khusus. Dalam percobaan ini, wanita tersebut terlihat bisa menggerakkan mobil mainan tersebut. Percobaan alat ini juga sudah beredar di Youtube.

Dalam video berdurasi sekitar 1 menit 28 detik itu, Stanly Yang membikin inovasi teknologi Brain Wave Life Guardian untuk melindungi pengguna saat perjalanan jauh.

Advertisement

“Kami menciptakan alat yang menggunakan fingsi sinyal otak untuk melindungi mereka yang sedang dalam perjalanan jauh agar tidak kehilangan konsentrasi, atau pekerjaan yang berbahaya. Sekarang kami punya alat yang dapat memberikan peringatan berupa alarm, dan sebuah gelang yang bisa bergetar bila kita kehilangan konsentrasi,” ujarnya.

Tujuan utama dibuatnya inovasi teknologi Brain Wave Life Guardian adalah untuk mengurangi angka kecelakaan oleh pengendara akibat stres, kelelahan, atau kurang konsentrasi. Nantinya alat ini akan diproduksi secara masal agar digunakan secara global.

Akust Technology bukanlah satu-satunya perusahaan yang mengembangkan atau membuat inovasi teknologi yang menggunakan sinyal otak ini.  Brain Wave Life Guardian itu dibanderol dengan harga US$120 atau sekitar Rp163.000.

Pada akhir tahun 2015 lalu, Jaguar juga sudah mengembangkan inovasi teknologi serupa yang di-install di mobil ciptaannya. Jadi, beberapa mobil keluaran terbaru milik Jaguar nanti sudah bisa membaca pikiran penggunanya. https://www.youtube.com/watch?v=ya3PrnFDIxs. (Ardhon Purtama Putra/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif