Teknologi
Minggu, 14 Februari 2016 - 06:00 WIB

BISNIS ONLINE : Rakuten Segera Angkat Kaki dari Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rakuten Tutup (Liputan6.om)

Bisnis online Rakuten akan segera meninggalkan Indonesia awal bulan depan.

Solopos.com, JAKARTA — Bisnis online Rakuten di Indonesia dikabarkan segera ditutup. Situs e-commerce asal Jepang itu akan meninggalkan Indonesia 1 Maret 2016

Advertisement

Rakuten mengumumkan penutupan bisnis online-nya di Indonesia melalui situs resminya.”Dengan menyesal kami mengumumkan bahwa Rakuten Belanja Online tidak lagi tersedia bagi pelanggan untuk melakukan pembelian per 1 Maret 2016. Kami ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan Anda selama ini dan kami sangat berharap Anda menikmati berbelanja di Rakuten Belanja Online,” tulis pernyataan resmi Rakuten di laman resminya.

“Harap dicatat bahwa semua sisa Rakuten Super Points akan berakhir. Kami menganjurkan kepada Anda untuk menggunakan Rakuten Super Points Anda sampai dengan tanggal 29 Februari 2016,” lanjutnya.

Tidak dijelaskan secara jelas apa alasan kepergian Rakuten ini. Namun yang pasti, bagi pelanggan yang sudah terlanjur bertransaksi di Rakuten tak perlu khawatir. Sebab semua pesanan dengan pembayaran terkonfirmasi akan tetap berjalan sesuai pada metode pembayaran dan perkembangan.

Advertisement

“Jika pembayaran Anda telah dikonfirmasi, penjual akan dapat memenuhi pesanan Anda. Jika Anda belum menerima pesanan, silakan hubungi pusat layanan Rakuten Belanja Online,” tambahnya.

Seperti dikutip dari Liputan6.com, Sabtu, keputusan Rakuten menutup bisnisnya di Indonesia merupakan salah satu tujuan dari Visi 2020 Rakuten untuk bisa mencapai pendapatan 1.700 miliar Yen atau setara dengan Rp203 triliun dan 300 miliar Yen atau Rp35 triliun untuk pendapatan operasional non-GAAP pada 2020.

Untuk kali pertama Rakuten mengatakan visi tersebut akan menetapkan tonggak untuk kontribusi laba total dari bisnis internasional Rakuten sebelum 2020.

Advertisement

Meski begitu, Rakuten tetap akan melanjutkan operasi bisnis lain di kawasan Asia Tenggara, dan kantor pusat regional yang berlokasi di Singapura akan tetap dipertahankan.

Tak menutup kemungkinan, mereka akan terus mencari potensi pertumbuhan baru yang lebih menjanjikan pada wilayah lainnya di Asia Tenggara. Ke depannya, Rakuten mengatakan akan lebih berfokus ke pasar bisnis online Jepang. Selain Jepang, Rakuten akan melanjutkan operasinya di Taiwan, Asia Timur, dan Amerika Serikat.

Advertisement
Kata Kunci : Bisnis Online Rakuten
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif