News
Sabtu, 13 Februari 2016 - 08:00 WIB

KISAH TRAGIS : Menderita, Model Ini Ngaku Cuma Makan 3 Apel dalam Sehari!

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Victoire Macon Dauxerre (Healthtipsportal.com)

Kisah tragis kali ini datang dari seorang model asal Prancis.

Solopos.com, PARIS — Victoire Macon Dauxerre, 23, mengisahkan penderitaannya di dunia modeling. Ia pernah berpikir ingin mengakhiri hidupnya karena tidak tahan dengan tuntutan bertubuh kurus.

Advertisement

Karier Victoire dimulai ketika pada usia 18 tahun, ia ditawari melanjutkan pendidikan di bidang model dan fashion di Sciences Po, yaitu universitas bergengsi di Paris. Setelah lulus dari bangku sekolah menengah atas (SMA), Victoire mantap menapakkan langkahnya ke dunia model dan fashion.

Ambisi Victoire untuk sukses di dunia model pun membuatnya terjebak dalam pola makan tidak sehat. Meski tak ada yang secara khusus menyuruhnya harus kurus, sebagai model Victoire merasa wajib menurunkan berat badannya.

Advertisement

Ambisi Victoire untuk sukses di dunia model pun membuatnya terjebak dalam pola makan tidak sehat. Meski tak ada yang secara khusus menyuruhnya harus kurus, sebagai model Victoire merasa wajib menurunkan berat badannya.

“Tidak ada yang bilang aku harus menurunkan berat badan. Tapi suatu saat saya diberi tahu ‘bulan September, Anda akan melakukan Weeks Mode, ukuran pakaiannya 32-34 dan Anda harus menyesuaikan diri’,” kata Victoire mengisahkan awal mula dirinya merasa harus diet ketat.

Lantaran menerima imbauan harus menyesuaikan diri dengan ukuran baju, Victoire bekerja keras melakukan diet ketat. Ia kehilangan berat badan 22 pound atau sekitar 10 kilogram dalam dua bulan.

Advertisement

Cara diet ketat Victoire membuahkan hasil. Dirinya pun dipercaya pihak agensinya untuk ikut dalam gelaran fashion bergengsi di Paris, Milan, dan New York. Ia juga diendores oleh merek terkenal, yaitu Alexander McQueen dan Miu Miu.

Seiring berjalannya waktu, kondisi Victoire semakin memprihatinkan. Ia menderita anoreksia dan bulimia.

“Kondisi saya sangat lemah, saya kehilangan rambut saya, saya menderita osteoporosis, dan saya berhenti mendapatkan giliran saya,” kenang Victoire, sebagaimana dikutip Solopos.com dari Hefty.co, Jumat (12/2/2016).

Advertisement

Kesehatan yang memburuk membuat Victoire pingsan di beberapa acara fashion show.

Victoire membongkar sisi kelam para model di dunia fashion yang seolah-olah tampak sempurna, cantik, populer, dan kaya raya. Menurut Victoire, foto sempurnanya penuh editan. Tubuh kurusnya ditutupi oleh editor gambar dengan proses editing cukup banyak, sehingga tampak cantik dan proporsional.

Victoire Macon Dauxerre (Healthtipsportal)

Advertisement

“Mereka menambahkan berat badan di bagian paha dan pipi saya. Gadis-gadis yang saat ini bekerja di sana mungkin akan bilang saya berbohong. Mereka tidak bisa mengatakan apa-apa jika mereka ingin terus berkarier di sana,” kata Victoire.

“Gadis-gadis akan sengaja ngemil di depan wartawan agar terhindar dari kritik, tetapi banyak yang kemudian muntah setelah kamera menghilang,” jelas Victoire.

Setelah delapan bulan bergelut di dunia model, Victoire mulai merasa kehilangan jati dirinya. Victoire dilanda frustrasi berat. Ia merasa sendirian dan tertekan. Puncaknya, Victoire mencoba bunuh diri.

“Tidak ada yang mengerti. Semua orang mengatakan padaku, ‘Anda memiliki kehidupan impian,’ tapi aku belum pernah begitu sengsara,” kata Victoire.

Tak kuat lagi dengan pelbagai tekanan di dunia modeling, Victoire memutuskan untuk keluar dari dunia modeling. Kini, ia ingin mengungkapkan fakta-fakta buruk tentang di balik dunia fashion, lewat buku yang ia tulis berjudul Never Skinny Enough, Diary of a Top Model.

Victoire mengkritik para desainer yang membuat baju dengan ukuran sangat kecil dan memperlakukan model bagai gantungan baju.

Kisah tragis Victoire di dunia modeling mengispirasi pemerintah di Prancis untuk mengesahkan hukum baru tentang dunia fashion. Pemerintah melarang model berukuran tubuh terlalu kurus, karena akan memicu timbulnya kelainan pola makan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif