Otomotif
Kamis, 11 Februari 2016 - 18:15 WIB

MODIFIKASI MOTOR : Pakai Mesin Moge, Skuter Mini Ini Tembus 173 Km/Jam

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Skuter mini tercepat di dunia. (Autoevolution.com)

Modifikasi motor di Inggris berhasil menciptakan skuter tercepat di dunia.

Solopos.com, LONDON – Sebuah skuter mini empat roda asal Inggris berhasil menjadi skuter tercepat di dunia versi Guinness World Record. Skuter hasil modifikasi motor itu mampu ngebut dengan kecepatan 173,13 km/jam.

Advertisement

Seperti dikutip Solopos.com dari laman Autoevolution, Rabu (10/2/2016), skuter empat roda itu merupakan hasil modifikasi motor oleh dua orang mekanik, David Anderson dan Mathew Hine. Skuter yang digunakan sebagai basisnya adalah Days Strider.

Tentunya untuk mencatatkan rekor tersebut Days Strider tidak dalam kondisi standar. David dan Mathew melakukan modifikasi dengan menambahkan rangka Go-kart. Dikatakan rangka tersebut lebih kokoh dan cocok untuk penggunaan kecepatan tinggi.

Dalam keadaan normal, skuter Days Strider dibekali mesin bertenaga listrik dan lajunya tidak lebih dari 20 km/jam. Akan tetapi dua mekanik “gila” itu menggantinya dengan mesin 600 cc bertenaga 80 hp milik motor gede (moge) Suzuki Bandit.

Advertisement

David dan Mathew juga menambahkan sejumlah komponen penunjang seperti knalpot racing, ban slick, bodi aluminium, karburator setelan balap, serta beberapa aksesori. Dilaporkan modifikasi motor untuk membuat skuter tercepat didunia itu memerlukan waktu selama enam bulan.

Dalam pemecahan rekor skuter tercepat di dunia, Mathew sendiri yang mengendarai skuter hasil modifikasi motor itu di sirkuit Jurby Motordrome. Kendati demikian, skuter itu tidak boleh digunakan di jalan raya lantaran tidak dibekali rem belakang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif