Soloraya
Jumat, 29 Januari 2016 - 14:53 WIB

WONOGIRI PADAM : Wonogiri Listrik Padam 19 Jam, Ini Jawaban PT PLN Area Surakarta

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi PLN (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Wonogiri padam, PT PLN beralasan pemadaman itu karena 2 trafo di gardu induk Wonogiri tak beroperasi.

Solopos.com, SOLO–Pemadaman listrik hingga 19 jam di Wonogiri menyebabkan kerugian bagi seluruh warga di Wonogiri dan sekitarnya. Bahkan, pedagang pasar tradisional memperkirakan kerugian pedagang mencapai Rp1,5 miliar.

Advertisement

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (29/1/2015), PT PLN Area Surakarta mengaku saat ini masih berkoordinasi dengan area pemeliharan penyaluran (APP) Salatiga dalam mengatasi kerusakan dua trafo di gardu induk (GI) Wonogiri.

Manajer PT PLN Area Surakarta Purwadi menyatakan selama ini GI Wonogiri memiliki dua trafo yang beroperasi yakni trafo 60 MVA dan trafo 30 MVA.

“Saat perbaikan trafo 60 MVA ada kerusakan sehingga APP merekomendasikan trafo 60 MVA tidak dioperasikan. Ada pelimpahan beban ke trafo 30 MVA. Akibatnya ada pemadaman,” ujar dia dalam rilis, Jumat.

Advertisement

Dengan kondisi itu, jelas dia, PT PLN Area Surakarta harus mengalihkan sebagian beban listrik di GI Nguntoronadi dan GI Wonosari. Namun kedua GI itu tak mampu menerima pelimpahan beban dari GI Wonogiri sekitar 30 MW, sehingga terpaksa dilakukan pemadaman.

Pihak PLN, jelas Purwadi, meminta maaf atas ketidaknyamanan pemadaman tersebut. Pihak PLN berusaha menormalkan kembali pasokan listrik di wilayah Wonogiri dan sekitarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif