News
Senin, 25 Januari 2016 - 14:45 WIB

VIDEO BUTET PUJI FREEPORT : Picu Kontroversi, Video Pujian Butet Dihapus Freeport

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Video Butet puji Freeport dihapus dari situs berbagi video, Youtube, setelah menuai kontroversi.

Solopos.com, SOLO – Seniman Butet Kartaredjasa sedang jadi perbincangan hangat di jejaring sosial. Perkaranya, Butet tampil dalam video singkat yang diunggah akun Youtube PT Freeport Indonesia.

Advertisement

Dalam video berjudul #KenalFreeport itu, mengatakan setelah melihat secara langsung praktik operasi Freeport, Butet mengatakan perusahaan ini telah menjalankan prinsip beradab baik terhadap alam dan sangat perhatian dengan lingkungan.

“Setelah saya melihat dari atas ke bawah, saya melihat ini satu siklus produksi yang sangat konsen pada alam dan lingkungan. Dan ada suatu tanggung jawab mengembalikan apa telah di dapat dari alam, dan dikembalikan lagi kepada alam. Jadi ini sebuah model penambangan yang memperlihatkan keberadaban manusia,” kata Butet dalam video berdurasi 45 detik itu.

Video itu kini telah dihapus. Pantauan Solopos.com, Senin (25/1/2016) sore, di akun PT Freeport Indonesia sudah tak ditemukan lagi video yang dimaksud. Video serupa juga tak diunggah oleh akun Facebook lain.

Advertisement

Meski begitu, video itu masih bisa disaksikan di platform jejaring sosial facebook. Dalam video Butet yang diunggah oleh akun Facebook bernama Rahung Nasution, pengguna Facebook yang berkomentar juga menunjukkan kemarahannya.

Soal video ini, Butet yang diwawancarai media massa online nasional, Senin, mengaku bertanggung jawab atas ucapannya. Butet mengaku pernyataan itu terlontar secara kagum setelah melihat cara pengelolaan Freeport di Papua.

Pernyataan ini muncul setelah dia mengunjungi Timika, Papua, dan diajak ke pertambangan Freeport. Setelah kunjungan ini dia dimintai pendapat dan memunculkan pernyataan yang kini menjadi perdebatan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif