News
Senin, 25 Januari 2016 - 15:10 WIB

VIDEO BUTET PUJI FREEPORT : Inilah Pernyataan Butet yang Dinilai Kontroversial

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Video Butet puji Freeport dihapus dari situs berbagi video, Youtube, setelah menuai kontroversi.

Solopos.com, SOLO – Seniman Butet Kartaredjasa sedang jadi perbincangan hangat di jejaring sosial. Perkaranya, Butet tampil dalam video singkat yang diunggah akun Youtube PT Freeport Indonesia.

Advertisement

Publik dunia maya (netizen) tampak gerah dengan pernyataan Butet di video itu. Netizen menganggap pujian Butet tidak pantas dialamatkan ke Freeport.

Terkait hal ini, Butet sendiri menyatakan testimoni itu sama sekali tidak bermuatan politis. “Omongan saya itu sudah pasti tidak menggambarkan kondisi seluruhnya yang ada di Timika atau Papua,” seperti dilansir JIBI/Bisnis mengutip Tempo, Senin (25/1/2016).

Dalam video berjudul #KenalFreeport itu, mengatakan setelah melihat secara langsung praktik operasi Freeport, Butet mengatakan perusahaan ini telah menjalankan prinsip beradab baik terhadap alam dan sangat perhatian dengan lingkungan.

Advertisement

Dalam video berdurasi 45 detik itu, Butet berujar, “Setelah melihat dari atas, dari Grasberg, tambang bawah tanah, dan kemudian di sini, saya melihat bagaimana satu siklus produksi yang sangatconcern pada alam dan lingkungan. Ada tanggung jawab untuk mengembalikan apa yang diambil dari alam untuk dikembalikan kepada alam.”
Di akhir video, Butet menyebut operasi Freeport adalah “satu model pertambangan yang memperlihatkan keberadaban manusia”.

Video Butet itu dengan cepat tersebar. Beberapa akun telah memunggah ulang video itu di YouTube. Selain itu, video tersebut banyak dibagikan melalui jejaring sosial dan fasilitas chatting.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif