Sport
Jumat, 22 Januari 2016 - 05:10 WIB

KARIER PELATIH : Tinggalkan Chile, Sampaoli Buka Jalan ke Chelsea

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jorge Sampaoli (Espnfc)

Karier pelatih Jorge Sampaoli yang resmi meninggalkan Timnas Chile.

Solopos.com, SANTIAGO – Jorge Sampaoli membuka kans untuk membesut Chelsea setelah resmi meninggalkan kursi pelatih Tim Nasional (Timnas) Chile, Rabu (20/1/2016). Sampaoli menjadi salah satu pelatih yang dibidik Chelsea setelah berhasil mengantarkan Chile meraih gelar Copa America pertama mereka, Juli 2015 lalu.

Advertisement

Sampaoli sendiri semakin moncer dan menarik minat klub-klub Eropa setelah masuk dalam nominasi FIFA Coach of the Year pada 2015. Kini setelah sukses di Benua Amerika, pelatih berdarah Argentina itu membuka jalan untuk menjajal karier di Eropa. Dia memutuskan mundur dari jabatan sebagai pelatih Chile setelah berselisih dengan presiden terpilih Federasi Sepak Bola Chile (ANFP), Arturo Salah, selama beberapa pekan terakhir.

Sampaoli mulai terusik menyusul pengunduran diri mantan presiden ANFP, Sergio Jadue, November 2015 lalu, di tengah penyelidikan kasus korupsi yang juga menyeret nama pelatih berusia 55 tahun itu. Dia ingin mengakhiri kontrak bersama Chile yang berlaku hingga 2018 mendatang.

Awalnya, Salah menolak negosiasi pengurangan kontrak tersebut karena ingin mempertahankan Sampaoli. Namun, kedua belah pihak akhirnya sepakat untuk mengakhiri kerja sama meski Sampaoli harus membayar sejumlah denda untuk meninggalkan jabatan lebih awal dari masa kontraknya. Selain membayar denda, dia juga harus mengembalikan bonus yang didapatkan saat memenangi Copa America serta membayar sejumlah uang kepada ANFP untuk kontrak dia selanjutnya di sepak bola.

Advertisement

“Dengan langkah ini, dewan ANFP telah menerima tujuan untuk mengatasi situasi saat ini yang memengaruhi tim nasional, menghindari ketidakpastian yang berpotensi melibatkan tindakan pengadilan jangka panjang,” ujar pernyataan ANFP terkait pengunduran diri Sampaoli, seperti dilansir Dailymail.co.uk, Rabu (20/1/2016).

Setelah melepaskan Sampaoli, ANFP fokus mencari pelatih pengganti untuk melanjutkan persiapan Timnas Chile menghadapi Piala Dunia 2018. “Sekarang, kami akan mendedikasikan diri kami untuk prioritas ini, untuk melakukan segala hal yang memungkinkan untuk lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia,” sambung presiden terpilih ANFP, Arturo Salah.

Manajer Manchester City, Manuel Pellegrini, disebut-sebut sebagai kandidat terkuat suksesor Sampaoli. Masa depan pelatih berdarah Chile itu bersama City sedang berada dalam ancaman. Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan dia bakal memilih pulang kampung jika terdepak dari Etihad Stadium, Manchester.

Advertisement

“Saya berharap bisa bertahan bersama tim-tim Eropa. Saya tidak berpikir untuk kembali ke Chile setidaknya untuk tiga atau empat tahun ke depan. Tidak ada pilihan, saya ingin melatih selama beberapa tahun berikutnya. Arturo [Salah] mendapatkan dukungan penuh dari saya untuk segala yang dibutuhkan, tapi untuk menukangi tim nasional bukanlah sesuatu yang saya inginkan saat ini,” ujar Pellegrini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif