Otomotif
Jumat, 15 Januari 2016 - 13:10 WIB

TIPS OTOMOTIF: Begini Cara Mengemudi yang Aman Saat Mengantuk

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengantuk. (Dailymail.co.uk)

Tips otomotif kali ini tentang cara mengemudi mobil ketika rasa kantuk menyerang.

Solopos.com, SOLO – Mulusnya jalan tol tak jarang membuat pengemudi terserang rasa kantuk. Padahal di jalan bebas hambatan itu mobil dilarang menepi sembarangan. Lantas bagaimana mengatasinya? Yuk simak tips otomotif berikut ini.

Advertisement

Menurut pembalap senior Didi Hardianto, tips jika rasa kantuk datang namun mobil belum boleh menepi adalah pastikan tangan kiri memegang setir di posisi jam 9 dan tangan kanan di posisi jam 3.

”Selanjutnya letakkan siku kanan di arm rest [dekat tombol power window]. Otomatis tangan akan terjaga di posisinya dan setir tidak akan goyang meski pengemudi mengantuk,” tutur Didi sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman resmi Suzuki Indonesia, Kamis (14/1/2016).

Tetapi ingat, hal itu jangan dijadikan kebiasaan dalam mengemudi di jalan tol. Cukup lakukan tindakan darurat tersebut hingga menemukan rest area. Selanjutnya istirahatkan sejenak badan Anda atau lakukan olah raga ringan untuk memulihkan konsentrasi.

Advertisement

Bagaimana jika rest area masih sangat jauh? Didi menambahkan, ada dua cara jika pengemudi dihadapkan pada situasi tersebut. Cara pertama, mengemudilah sambil memakan camilan atau permen.

Jika hal tersebut kurang manjur, tips otomotif terakhir coba letakkan lidah di langit-langit mulut dan digerak-gerakkan hingga timbul rasa geli. Menurut Didi, sensasi geli yang dihasilkan mampu merangsang syaraf otak untuk kembali berkonsentrasi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif