Otomotif
Jumat, 18 Desember 2015 - 12:45 WIB

AKSESORI MOBIL : Bukan Cuma Ponsel, Gorilla Glass Juga “Nempel” di Mobil Ini

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ford GT. (Worldcarfans.com)

Aksesori mobil berupa kaca Gorilla Glass kini dipakai pada mobil Ford.

Solopos.com, DETROIT – Bukan hanya pada layar ponsel pintar (smartphone), kaca Gorilla Glass kini juga digunakan sebagai aksesori mobil. Mobil pertama yang menggunakan kaca dengan kemampuan antigores itu adalah Ford GT.

Advertisement

Tetapi kaca Gorilla Glass yang digunakan Ford pada mobil supernya itu memiliki spesifikasi yang tidak biasa. Dilaporkan laman Autoblog, Rabu (16/12/2015), kaca yang didesain khusus untuk aksesori mobil itu termasuk ke dalam jenis kaca hybrid.

Ford menjelaskan kaca Gorilla Glass yang disematkan pada Ford GT tersusun dari bahan alcali aluminoslicate corning, lapisan thermoplastic, dan beberapa persen bahan kaca konvensional.

Meskipun terdiri dari tiga lapis bahan, kaca hybrid Gorilla Glass memiliki bobot 30 persen lebih ringan serta ukuran yang 50 persen lebih tipis ketimbang kaca mobil pada umumnya.

Advertisement

Ford juga menyebut kaca mobil generasi terbaru itu lebih kuat serta lebih baik dalam hal menjaga kekedapan suara di dalam kabin.

Pada mobil Ford GT, kaca Gorilla Glass hanya dipasang pada kaca depan dan kaca belakang untuk pelindung tutup mesin. Sedangkan kaca samping tetap menggunakan kaca biasa.

”Kami sudah melakukan banyak percobaan. Kemudian kaca inilah yang menurut kami memberi hasil paling baik. Ketahanan dan kekuatannya sangat baik namun lebih ringan sehingga memaksimalkan performa mesin,” ungkap Kepala Teknisi Bodi Ford GT, Paul Linden.

Advertisement

Sayangnya, aksesori mobil berupa kaca Gorilla Glass pada mobil Ford GT masih berstatus prototipe. Jika diproduksi massal pun dipastikan harga kaca hybrid itu bakal lebih mahal ketimbang kaca mobil konvensional.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif