Soloraya
Selasa, 15 Desember 2015 - 13:15 WIB

HASIL PILKADA WONOGIRI 2015 : Joko Sutopo akan Bikin Rumah Aspirasi untuk Masyarakat

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri Joko Sutopo (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Hasil Pilkada Wonogiri 2015 menunjukkan kemenangan Joko Sutopo dan pasangannya dalam hasil penghitungan suara sementara.

Solopos.com, WONOGIRI – Pascapemungutan suara pada Pilkada Wonogiri 2015, masyarakat menyampaikan berbagai aspirasi melalui media sosial. Menanggapi hal itu, calon bupati terpilih berdasarkan hasil penghitungan suara sementara, Joko Sutopo, berencana membangun rumah aspirasi bagi masyarakat.

Advertisement

Berdasarkan pantauan, saat ini di media sosial Facebook ada grup yang selalu mengunggah harapan-harapan warga untuk pemerintahan ke depan. Baik mengenai pendidikan, kebudayaan dan sebagainya.

Grup tersebut bernama Sesarengan Mbangun Wonogiri. Akun bernama Agus Birowo misalnya, mengatakan sebagai kaum budayawan tradisi, berharap ke depan program nguri-uri budaya berjalan dengan baik.

Pemilik akun Sri Harjono, melalui tulisan di grup tersebut juga berharap agar bupati terpilih mampu menjembatani kebangkitan kembali ekonomi kerakyatan.

Advertisement

Pada tulisan yang diunggah pada grup tersebut, pemilik akun Sugeng Soeryo, mengatakan jika grup tersebut digunakan secara optimal bisa menjadi kontrol sosial terhadap kemajuan Wonogiri. Dia berharap apa yang disampaikan melalui grup tersebut dapat menjadi masukan bagi bupati terpilih.

Salah satu pemilik akun dalam grup Facebook tersebut, Anastasia Ari, mengatakan grup tersebut awalnya adalah grup para sukarelawan. Namun setelah pilkada usai, maka nama grup yang sebelumnya Batik 2 diganti menjadi Sesarengan Mbangun Wonogiri.

“Tujuannya untuk menyampaikan aspirasi. Setelah itu apapun aspirasi yang muncul akan dikomunikasikan kepada bupati terpilih [Joko Sutopo],” kata dia saat dihubungi, Senin (14/12/2015).

Advertisement

Menanggapi munculnya sarana-sarana penyampaian aspirasi masyarakat tersebut, Joko Sutopo, mengatakan pemerintahan ke depan akan menghargai segala bentuk aspirasi masyarakat.

“Untuk menjalankan visi dan misi kami ke depan, kami akan ajak semua elemen masyarakat. Maka kami akan buat rumah aspirasi,” kata dia saat dihubungi, Senin. Dia mengatakan jika saat ini ada media sosial yang sudah memulainya, maka ke depan pihaknya akan membuat wadah untuk pertemuan secara langsung dengan warga.

“Kalau media sosial mungkin tidak semua kalangan dapat mengakses. Jadi kami akan membuat rumah aspirasi. Ada pertemuan secara bergilir di wilayah,” kata dia. Dia mengatakan pertemuan tersebut akan dibuat secara informal namun dapat menjaring persoalan yang ada di masyarakat untuk ditindaklanjuti.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif