Lifestyle
Rabu, 11 November 2015 - 20:35 WIB

TIPS KESEHATAN : Apakah Bir Mempengaruhi Ginjal Anda?

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi minuman keras (Boldsky.com)

Tips kesehatan kali ini mengulas soal efek negatif minuman keras bir.

Solopos.com, SOLO — Minuman keras bir menyimpan efek samping bagi kesehatan ginjal Anda. Ingin tahu bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Simak ulasan kali ini, Rabu (11/11/2015).

Advertisement

Dilansir Boldsky, bir memicu kerusakan fungsi ginjal. Tak hanya menyerang kesehatan ginjal, bir juga bisa meningkatkan tekanan darah pengonsumsinya.

Berikut ini ulasan lengkap tentang pengaruh buruk bir pada kesehatan manusia.

1. Fungsi Utama Ginjal Terganggu
Salah satu peran penting dari ginjal adalah untuk menyaring darah. Apabila Anda sering mengonsumsi alkohol ada zat berbahaya yang bercampur dengan darah Anda. Lantaran ada zat berbahaya dalam darah, fungsi utama ginjal sebagai penyaring darah pun akan terganggu.

Advertisement

Dalam hal ini, ginjal tak akan mampu menyaring darah Anda dari zat berbahaya alkohol. Jika hal ini terus menerus terjadi, tak menutup kemungkinan pengonsumsi alkohol bisa mengalami gagal ginjal permanen.

2. Fungsi Ginjal Rusak
Selain berfungsi sebagai penyaring darah, ginjal juga melakukan tugas lain, yaitu menjaga kadar air dalam tubuh. Pengonsumsian alkohol yang berlebihan akan merusak fungsi ginjal sebagai organ dalam tubuh yang mengatur kadar air. Ciri-ciri fungsi ginjal tersebut rusak adalah ketika si peminum alkohol merasa sangat cepat dehidrasi.

3. Tingkatkan Tekanan Darah
Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Maka dari itu, upayakan untuk tidak mengonsumsi minuman keras.

Advertisement

4. Sebabkan Penyakit Hati
Di titik pengonsumsian alkohol yang berlebihan, minuman keras tersebut tidak hanya merusak fungsi ginjal, tapi juga hati atau liver.

Advertisement
Kata Kunci : Tips Kesehatan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif