Soloraya
Rabu, 21 Oktober 2015 - 17:30 WIB

KEBAKARAN WONOGIRI : 181,2 Ha Hutan di Wonogiri Terbakar, Mayoritas Dipicu Ulah Manusia

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran hutan (JIBI/Solopos/Antara/Dok.)

Kebakaran Wonogiri melanda kawasan hutan seluas 181,2 hektare.

Solopos.com, WONOGIRI – Kebakaran melalap hutan seluas 181,2 hektare dari total 2.036,45 hektare hutan di Wonogiri tahun ini. Pemerintah kecamatan pun diimbau untuk terlibat dalam memberikan sosialisasi ke warga terkait upaya pencegahan kebakaran.

Advertisement

Hal tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi (rakor) kebakaran hutan yang digelar di kantor Setda Wonogiri, Rabu (21/10/2015).

Kegiatan tersebut melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta, UPT Pemadam Kebakaran dan para camat.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, hampir semua kebakaran yang terjadi di hutan disebabkan oleh kondisi alam dan ulah manusia.

Advertisement

“Hanya dua faktor itu. Baik yang disengaja atau tidak,” kata dia saat ditemui wartawan usai rakor, Rabu. Sedangkan yang terbanyak adalah karena ulah manusia.

Melalui bantuan para camat, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk waspada kebakaran. Menurutnya hingga saat ini masih ditemui kebiasaan warga membakar semak di lahan sekitar hutan. Padahal api dari pembakaran itu sangat memungkinkan bisa merembet ke hutan.

Sementara itu Wakil Administratur KPH Surakarta, Johni Andarhadi, mengatakan saat ini luas hutan di Wonogiri sekitar 2.036,45 hektare. Sedangkan yang terbakar pada tahun ini sekitar 181,2 hektare.

Advertisement

“Membuat perapian di tengah hutan kemudian ditinggal begitu saja juga bisa menimbulkan kebakaran besar. Untuk itu kami terus melakukan pemantauan,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif