Otomotif
Jumat, 9 Oktober 2015 - 22:10 WIB

MOBIL HONDA : BR-V Versi India Lebih Irit BBM?

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Honda BR-V di pameran GIIAS 2015. (Autonetmagz.com)

Mobil Honda BR-V di India bisa lebih irit karena memakai mesin diesel.

Solopos.com, NEW DELHI –  Selain di Indonesia, mobil terbaru Honda BR-V juga akan mengaspal di India. Akan tetapi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Honda BR-V versi India disebut-sebut akan lebih irit ketimbang versi Indonesia.

Advertisement

Seperti dilansir laman Motorbeam, Kamis (8/10/2015), mobil Honda BR-V untuk pasar India ternyata tidak didatangkan dari Indonesia. Nantinya mobil tipe crossover yang mampu memuat tujuh penumpang itu akan diproduksi Honda India di pabrik Tapukara Plant dekat New Delhi.

Jadi  dapat dipastikan unit Honda BR-V di India dengan unit di Indonesia benar-benar berbeda. Lantas apa benar versi India lebih irit dari versi Indonesia? Bisa jadi memang benar lebih irit dan kemungkinan juga lebih bertenaga.

Sebab Honda India memberi bocoran bahwa mobil yang dikembangkan dari basis Honda Mobilio itu akan dibekali mesin diesel I-DTEC 1.600 cc. Spesifikasi itu berbeda dari Honda BR-V di Indonesia yang menggunakan mesin bensin I-VTEC 1.500 cc.

Advertisement

Bocoran lainnya, mobil Honda BR-V di India akan diluncurkan April 2016 mendatang dan ditargetkan laku sebanyak 36.000 unit dalam setahun. Sedangkan banderolnya diprediksi berada di angka 1,1 juta rupee hingga 1,5 juta rupee atau sekitar Rp234 juta hingga Rp320 juta.

Sementara itu di Indonesia, mobil pesaing Toyota Rush dan Daihatsu Terios itu akan meluncur Januari 2016. PT Honda Prospect Motor mengatakan harga mobil Honda BR-V ada di kisaran Rp230 juta-Rp265 juta atau maksimal Rp275 juta jika terjadi kenaikan harga.

Sebelumnya, mobil Honda BR-V diperkenalkan kali pertama di dunia lewat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Sejak diperkenalkan hingga saat ini, adik Honda HR-V itu telah mengantongi pesanan sekitar 2.000 unit.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif