Jateng
Jumat, 9 Oktober 2015 - 20:50 WIB

KERJA SAMA DAERAH : Pelaku Usaha Perikanan Wonogiri Belajar ke Temanggung

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi pelelangan ikan hasil tangkapan. (JIBI/dok)

Kerja sama daerah Wonogiri dengan Temanggung tampak dalam usaha perikanan.

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG-Sejumlah petugas dan pelaku usaha bidang perikanan di Kabupaten Wonogiri melakukan kunjungan untuk melihat dan belajar pengelolaan objek perikanan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah yang dinilai berhasil.

Advertisement

Kabid Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Muhammad Hadi, Jumat (9/10/2015) mengatakan kunjungan rombongan dari Wonogiri 40 orang berkunjung di beberapa kelompok budi daya ikan dan cacing sutera selama dua hari.

Sasaran kunjungan yakni budi daya ikan dan cacing sutera di Kelompok Surya Rahayu dan Koi Buana Farin di Desa Karangtejo, Kecamatan Kedu. Cacing sutera merupakan pakan untuk benih lele.

Kemudian ke budi daya ikan hias koi di Kelompok Mina Papilon Kelurahan Parakan Kauman, Kecamatan Parakan. Kelompok ini masuk nominasi tiga besar tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Tengah yang akan dinilai oleh tim pusat pada Oktober 2015.

Advertisement

Selanjutnya ke budi daya ikan lele di Unit Perbenihan Rakyat (UPR) Mina Clarias Kelurahan Jurang, Kecamatan Temanggung. Budi daya ikan lele terintegrasi dengan tanaman sayuran (Yumina dan Bumina ) di Kelompok Mina Raharjo Kelurahan Kertosari Kecamatan Temanggung.

Selain itu, katanya para peserta juga mengunjungi tempet penelitian budi daya ikan uceng di Desa Mudal Kecamatan Temanggung yang merupakan sebuah kegiatan pengkajian dan penelitian budi daya uceng oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan RI bekerja sama dengan Pemda Temanggung.

Ia mengatakan peserta studi banding merasa puas dari kegiatan kunjungan lapangan sehingga ke depan bakal ditindaklanjuti dengan kegiatan magang petugas teknis perikanan dan pembudidaya ikan khususnya di objek budi daya cacing sutera dan ikan hias.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif