Jogja
Jumat, 9 Oktober 2015 - 21:20 WIB

HAJI 2015 : Jamaah Haji asal Sleman Meninggal di Pesawat

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/dok)

Haji 2015 dari Sleman meninggal dalam pesawat

Harianjogja.com, SLEMAN – Seorang jemaah haji asal Sleman meninggal dunia di dalam pesawat dalam penerbangan pulang menuju ke tanah air, Jumat (9/10/2015) dini hari. Dengan demikian total ada enam orang asal Sleman meninggal dunia selama pelaksanaan haji 2015.

Advertisement

Korban meninggal dalam pesawat atas nama Damsuri, 80, warga RT02/RW32 Mlangi, Nogotirto, Gamping Sleman telah menuntaskan seluruh kewajiban haji. Almarhum tergabung dalam Kloter 27 Emberkasi Solo (SOC 27). Jenazah almarhum tiba di rumah duka pada Jumat (9/10/2015) sekitar pukul 08.00 WIB dan langsung dimakamkan pada sore harinya.

Kepala Kanwil Kemenag Sleman Luthfi Hamid menjelaskan, jemaah haji asal Sleman atas nama Damsuri meninggal di dalam pesawat saat menuju transit Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh sekitar pukul 00.30 WIB, Jumat (9/10/2015). Menurutnya hasil keterangan medis almarhum meninggal karena sakit.

“Hasil identifikasi tim kesehatan, Pak Damsuri memiliki riwayat jantung. Kemungkinan besar karena sakit tersebut. Meninggal di dalam pesawat saat menuju Banda Aceh,” terangnya, Jumat (9/10/2015).

Advertisement

Luthfi menambahkan, dari identifikasi tim data, Damsuri berangkat ke Mekah bersama keponakannya untuk menjalankan ibadah haji. Ini merupakan pertama kalinya pergi ke tanah suci.

“Kebetulan beliau seorang pemuka agama [kyai] dan beliau berangkat haji dibiayai seorang pengusaha. Beliau sudah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji, semoga khusnul khotimah,” imbuhnya.

Terpisah, Khoiron, salah satu putra dari Damsuri mengaku ikhlas atas kepergian orangtuanya. Ia meyakini meninggalnya Damsuri karena kecapekan. Sebelum berangkat ia memang cukup mengkhawatirkan kondisinya. Karena berat badan yang menyusut hanya sekitar 35 kilogram. Selain itu jika berjalan tidak kuat jika jarak jauh. Tetapi semangat orangtuanya untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi. Selain itu, tim kesehatan telah meloloskan saat mengecek Damsuri.

Advertisement

“Hasil pemeriksaan kesehatan sehat walafiat. Tapi memang kurus, waktu itu saat akan diinjeksi [pengobatan] itu dokter sempat kesulitan karena badannya kurus, tapi alhamdulillah bisa waktu itu,” ungkapnya kepada wartawan.

Luthfi memastikan dengan meninggalnya Damsuri di atas pesawat, dengan demikian total ada enam orang jemaah calon haji dan jemaah haji asal Sleman yang meninggal dunia dalam pelaksanaan ibadah haji 2015. Dari enam orang tersebut, satu menjadi korban tragedi crane roboh di Mekah, satu korban di Mina dan empat lainnya karena sakit. Hingga Jumat (9/10/2015) sore total ada 465 jemaah haji asal Sleman yang sudah tiba di tanah air.

“Kalau Sleman dari kloter 25, 26 dan 27. Sampai nanti malam [Jumat 9/10/2015], semoga seluruhnya sudah tiba,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif