Sport
Rabu, 7 Oktober 2015 - 06:55 WIB

KUALIFIKASI EURO CUP 2016 : Hadapi Kazakhstan di Partai Hidup Mati, Belanda Tanpa Janmaat

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu pemain andalan Belanda Daryl Janmaat harus absen di laga kualifikasi Euro 2016. Ist/nufcb

Kualifikasi Euro Cup 2016 pekan ini akan menjadi partai hidup mati bagi Belanda.

Solopos.com, AMSTERDAM— Belanda mendapat kabar buruk jelang melakoni dua laga terakhir Grup A Kualifikasi Euro 2016 yang akan menentukan nasib mereka dalam sepekan ke depan. Hal itu terkait kondisi Daryl Janmaat yang akan absen akibat cedera lutut.

Advertisement

Belanda dipertemukan melawan Kazakhstan dalam partai tandang di matchday kesembilan, Sabtu (10/10/2015), dan akan menjamu Republik Cheska di pertandingan pamungkas, Rabu (14/10/2015).

Tim berjuluk De Oranje itu gagal lolos otomatis ke putaran final Euro 2016 namun masih memiliki harapan melalui babak play-off. Tetapi, hal itu tergantung hasil yang mereka dapatkan di dua laga Grup A bulan ini dan hasil yang dibukukan tim peringkat ketiga klasemen, Turki.

Turki bertengger di urutan ketiga klasemen dengan nilai 12 dari delapan laga, tertinggal tujuh poin dari Islandia dan Republik Cheska yang menjadi pemilik tiket lolos otomatis dari Grup A. Sementara itu Belanda tercecer di peringkat keempat dengan jarak dua poin dari Turki.

Advertisement

Selain Islandia dan Republik Cheska, tim peringkat ketiga berhak lolos ke babak play-off. Artinya, Belanda harus menggusur Turki bila ingin menjaga peluang berlaga di ajang Euro 2016 di Prancis.

Karena tidak saling berhadapan, Belanda dituntut melakukan sapu bersih melawan Kazakhstan dan Republik Cheska dan di sisi lain berharap Turki tergelincir dalam salah satu dari dua pertandingan mereka.

Tetapi, Belanda malah tidak akan diperkuat bek Daryl Janmaat dalam pertemuan kontra Kazakhstan dan Republik Cheska. Bek Newcastle United tersebut dibekap cedera lutut dan tidak akan pulih dalam waktu dekat.

Advertisement

Pemain 26 tahun itu dipanggil ke timnas setelah absen dalam pertandingan kualifikasi melawan Islandia dan Turki pada September lalu, namun kini dipaksa menyingkir lagi akibat cedera.

Seperti dilansir reuters.com, Selasa (6/10/2015), Janmaat telah berkonsultasi dengan tim dokter terkait kemungkinan dia bermain di dua laga pamungkas Grup A. Tetapi, asosiasi sepak bola Belanda, KNVB, memastikan pemain bersangkutan tidak akan bergabung dengan timnas. (Triyono/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif