Lifestyle
Kamis, 24 September 2015 - 10:10 WIB

TIPS KESEHATAN : Jangan Minum Es Setelah Makan Daging Kambing!

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi es teh. (Istimewa)

Tips kesehatan kali ini menghadirkan aturan makan daging kambing.

Solopos.com, SOLO – Daging kambing dikenal memiliki kandungan lemak yang tinggi. Oleh karenanya, ada aturan khusus yang perlu ditaati untuk lebih aman menyantap makanan ini.

Advertisement

Sebuah blog tips kuliner, CEO Kelana Rasa Culinary, Arie Parikesit mengatakan cara paling baik untuk menikmati kambing adalah menyeimbangkan unsur. Menurutnya, seharusnya ada konsep keseimbangan setiap mengkonsumsi makanan, termasuk kambing.

“Daging kambing itu kan punya unsur panas, jadi sebaiknya disembangkan dengan yang dingin. Timun sangat baik apalagi jika diolah menjadi minuman dengan es,” ujar Arie.

Tak hanya itu, jenis lalapan seperti tomat dan irisan kol menjadi salah satu penetralisir yang baik usai memakan kambing.

Advertisement

“Jadi lalapan itu bukan hanya garnish hidangan saja, tapi memang pasangannya kambing, ya, lalapan itu. Jadi harus dimakan supaya netral lagi.”

Sedangkan fakta lain diungkap juru masak jebolan Master Chef Indonesia, Brian. Menurutnya, setelah menyantap olahan kambing, sebaiknya jangan langsung minum es.

“Olahan kambing biasanya sangat berlemak. Ketika es masuk ke dalam tubuh nanti lemaknya malah menggumpal,” jelas Chef Brian dikutip Solopos.com dari Okezone, Kamis (24/9/2015).

Advertisement

Dia menambahkan, hal tersebut bisa terlihat semisal sup kambing dibekukan. Lemak-lemak yang menggumpal ini bisa terlihat dan biasanya mengapung, serta menggumpal pada bagian atas.

Oleh karena itu, setelah konsumsi daging kambing, tidak disarankan jika langsung minum es, karena lemaknya bisa mengendap dan menggumpal di dalam tubuh.

Chef Brian mengatakan setelah konsumsi berbagai olahan kambing, minuman yang paling tepat adalah air putih dengan suhu biasa. “Minum air putih biasa dulu. Tunggu sekira 10-15 menit, baru deh minum es,” tutup dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif