Lifestyle
Minggu, 20 September 2015 - 20:45 WIB

TIPS KESEHATAN : 5 Cara Lepas dari Kecanduan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi stiker larangan merokok. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Tips kesehatan bisa Anda perhatikan untuk melepaskan diri dari kecanduan.

Solopos.com, SOLO  – Adiksi atau kecanduan terhadap segala hal bisa membahayakan fisik atau mental seseorang. Kecanduan bukan hanya tidak bagus untuk tubuh, tapi juga untuk orang-orang yang hidup disekitar kita.

Advertisement

Dilansir Thesparkng.com, beberapa waktu lalu, adiksi atau kecanduan yang dimaksud membahayakan bisa bermacam-macam, mulai dari merokok, minum-minuman keras, mengonsumsi narkoba, bergosip, berjudi hingga kecanduan film biru.

Dokter Phil McGraw asal Amerika Serikat yang juga dikenal sebagai penulis,psikiater, dan pembawa acara televisi Dr.Phil memberikan cara-cara untuk mengatasi kecanduan.

Berikut adalah tips yang diberikan Dr. Phil melepaskan diri dari kecanduan:

Advertisement

Menyadari Tujuan dari Adiksi
Tanyakan kepada diri sendiri kenapa Anda mengalami kecanduan. Apakah Anda mengalami stres atau merasa cemas? Cobalah untuk jujur pada diri sendiri soal penyebab kecanduan. Hal ini akan membantu mencari jalan keluar terhadap adiksi yang Anda alami.

Berpikir Rasional
Dalam pikiran seseorang tentu memiliki kesadaran bahwa kecanduan bukanlah hal baik. Cobalah berpikir rasional daripada tetap menolak kenyataan adiksi adalah hal buruk. “Jika Anda tetap menolak kenyataan bahwa adiksi itu buruk, maka Anda tidak akan pernah sembuh,” tutur Phil.

Mengalihkan Kecanduan dengan Kegiatan Lain
Orang memang sulit meninggalkan kebiasaan buruk. Hal ini akan lebih mudah dilakukan jika seseorang mengalihkan kecanduannya untuk hal lain. Sebagai contoh, gantilah rokok Anda dengan permen atau coklat.

Advertisement

Ubah Gaya Hidup
“Ini bukan soal keinginan, ini soal pengaturan rencana,” kata Phil. Jika Anda ingin mencoba berhenti merokok atau minum-minum, cobalah untuk tidak membawa agar Anda tidak bisa membelinya. Ubahlah pola hidup dan suasana lingkungan. Jika diperlukan berhentilah bergaul dengan orang yang memiliki kecanduan yang sama.

Kenali Zona Bahaya
Ada waktu-waktu tertentu yang menyebabkan adiksi Anda timbul. Kenali waktu-waktu tersebut dan cobalah untuk menghindari rutinitas yang sama. “Jika Anda bisa melewati waktu-waktu tersebut selama tiga bulan, Anda akan sembuh,” jelas Phil. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif