Lifestyle
Sabtu, 19 September 2015 - 08:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Hati-Hati, 6 Makanan Ini Bisa Perparah Sakit Kepala Anda!

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi buah pisang (Healthmeup.com)

Tips kesehatan kali ini membahas enam makanan yang bisa memperburuk sakit kepala Anda.

Solopos.com, SOLO — Sadarkah Anda, beberapa makanan ternyata bisa mempengaruhi kesehatan kepala Anda jika dikonsumsi secara berlebihan.

Advertisement

Beberapa makanan tersebut, antara lain pisang, kopi, es krim, cokelat pahit, anggur merah, dan keju. Apabila Anda merasa sakit kepala, berhati-hatilah untuk tidak mengonsumsi enam makanan tersebut.

Berikut penjelasan lebih detail tentang pengaruh enam makanan tersebut untuk kesehatan kepala Anda, sebagaimana Solopos.com himpun dari Boldsky, Jumat (18/9/2015).

1. Pisang
Pisang salah satu buah yang kerap dikonsumsi khalayak umum. Tentu saja, itu karena pisang mengandung nutrisi dan vitamin. Hanya saja, ada baiknya Anda menghundari makan buah berkulit kuning ini, saat kepala Anda sedang sakit.

Advertisement

Pasalnya, senyawa tyramine dalam pisang bisa membuat sakit kepala Anda semakin parah, bahkan bisa menimbulkan migrain.

2. Kopi
Kopi adalah jenis minuman favorit masyarakat yang kerap dikonsumsi untuk menyegarkan tubuh. Namun, Anda perlu hati-hati, lantaran konsumsi lebih dari 200 mg kopi setiap hari bisa membuat Anda kecanduan. Jika sudah kecanduan, Anda berpotensi kurang tidur dan ini akan memicu timbulnya sakit kepala.

3. Es Krim
Berdasarkan penelitian yang dilansir Boldsky, makanan dingin, seperti es krim dapat memicu sakit kepala. Perlu Anda ketahui, orang yang sering mengalami sakit kepala adalah orang yang cenderung suka makan es krim secara berlebihan.

Advertisement

4. Cokelat Pahit
Cokelat pahit atau dark chocolate dapat memicu sakit kepala. Ini terjadi lantaran cokelat pahit mengandung banyak kafein yang berpotensi memicu migrain.

5. Anggur Merah
Orang yang mengonsumsi minuman beralkohol, lebih mudah merasa dehidrasi. Nah, dehidrasi inilah yang kemudian memicu sakit kepala. Jenis minuman beralkohol yang memiliki kandungan tyramine dan tanin, seperti anggur merah, bisa menimbulkan rasa sakit di kepala Anda.

6. Keju
Ada baiknya Anda ketahui, keju mengandung tyramine sebagaimana anggur merah. Secara otomatis, jika keju dikonsumsi secara berlebihan, bisa menimbulkan efek negatif pada kesehatan, yaitu sakit kepala.

Kendati enam makanan tersebut bisa memicu sakit kepala, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya. Hanya saja, bijaklah dalam menjaga asupan makanan yang Anda konsumsi. Jangan mengonsumsi secara berlebihan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif