Lifestyle
Sabtu, 19 September 2015 - 09:15 WIB

TIPS KESEHATAN : Begini 5 Cara Kurangi Migrain

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (smilesbymartin.com)

Tips kesehatan kali ini mengulas soal lima cara mengurangi migrain.

Solopos.com, JAKARTA — Sakit kepala migrain merupakan gangguan neurologis, yang berhubungan dengan sistem saraf otonom. Jika Anda mengalami gangguan kesehatan ini, ada baiknya Anda mencoba lima langkah untuk menguranginya.

Advertisement

Bila tidak ditangani dengan tepat, migrain dapat berlangsung selama berjam-jam dan mengakibatkan masalah kesehatan lain, seperti mual, kepekaan terhadap cahaya, suara, dan lingkungan.

Perlu Anda ketahui pula, migrain disebabkan ketika arteri yang meradang karena pelepasan bahan kimia. Zat kimia ini dilepaskan ketika Anda memiliki reaksi alergi, stres, pola tidur, menstruasi, menopause, dan puasa.

Berikut lima cara untuk mengurangi migrain, sebagaimana Bisnis.com kutip dari Timesofindia, Jumat (18/9/2015).

Advertisement

1. Konsumsi Vitamin B2
Biasakan untuk mengonsumsi setidaknya 400 mg vitamin B2. Ini akan membantu Anda dalam mengurangi gejala migrain secara signifikan. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B2 adalah ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, produk susu, sayuran berdaun hijau, dan sereal.

2. Terapi
Coba lakukan terapi relaksasi, seperti pijat kepala, yoga, gerakan tai chi, dan mediasi bernapas.

3. Terapi Dingin
Terapi dingin akan mengurangi migrain Anda. Anda cukup menggunakan es batu untuk mengurangi peradangan.

Advertisement

4. Botox
Dr. Raj Shekahar Reddy, konsultan neurologis dari Hospital Care Max dari New Delhi menjelaskan penggunaan botox bisa membantu mengurangi migrain.

“Penggunaan botox adalah dengan disuntikkan ke daerah kepala yang bermasalah, ini tidak memakan waktu dan bisa berdampak secara langsung,” kata Reddy.

5. Makanan Mengandung Niasin
Meningkatkan asupan makanan kaya niasin, seperti ragi, gandum, sayuran berdaun hijau, tomat, kacang-kacangan, biji bunga matahari, hati dan ikan, bisa membantu Anda mengatasi migrain.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif