Lifestyle
Jumat, 18 September 2015 - 06:10 WIB

HASIL PENELITIAN : Rebung Ternyata Punya Banyak Manfaat bagi Tubuh

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rebung (www.looks.co.id)

Hasil penelitian menguak manfaat rebung bagi kesehatan.

Solopos.com, SOLO — Rebung meupakan salah satu makanan yang dikonsumsi di negara Asia dan kini mulai tumbuh di negara bagian barat. Menurut penelitian yang dilakukan di India, rebung memiliki berbagai nutrisi yang berguna bagi kesehatan.

Advertisement

Berikut ini manfaat rebung bagi kesehatan, dihimpun dari organicfacts.com, beberapa waktu lalu:

Mengurangi Berat Badan
Rebung memiliki jumlah kalori, karbohidrat, dan kandungan gula yang rendah sehingga cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Menjaga Kesehatan Jantung
Penelitian membuktikan zat pitosterol dan fitonutrien yang ada pada rebung terbukti ideal untuk mengurangi kolesterol jahat pada tubuh. Manfaat ini memberikan efek positif melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Advertisement

Mencegah Kanker
Penelitian menunjukan rebung memliki zat seperti flavon, amilase, dan klorofil. Kolorofil merupakan zat yang berguna untuk mengendalikan dan mencegah kanker.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Vitamin dan mineral yang terkandung dalam rebung sangat cocok untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam rebung memperkuat sistem kekebalan tubuh dari dalam.

Menyembuhkan Gangguan Pernapasan
Rebung merupakan makanan yang efektif untuk mengurangi gangguan pernapasan. Caranya, rebus rebung selama lima menit lalu air hasil rebusan kembali direbus selama sepuluh menit. Air rebusan dapat ditambah dengan madu untuk hasil maksimal.

Advertisement

Penawar Racun
Dalam ilmu pengobatan Indian kuno, rebung diyakini memiliki zat anti-bisa. Rebung sering digunakan untuk mengobati orang yang terkena gigitan ular atau sengatan kalajengking.

Meredakan Sakit Perut
Rebung memiliki kemampuan untuk mengobati sakit perut. Selain rebung, daun bambu juga dapat digunakan sebagai obat cacingan dan sakit perut.

Menurunkan Tekanan Darah
Rebung memiliki jumlah kalium yang banyak. Kalium sangat berguna sebagai elektrolit dan juga sangat baik menurunkan dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil. (Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif