Lifestyle
Rabu, 16 September 2015 - 00:30 WIB

TIPS KESEHATAN : Manfaat Mandi Air Hangat di Malam Hari

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tips Kesehatan kali ini mengulas manfaat mandi air hangat.

Solopos.com, SOLO — Selarut apa pun Anda sampai rumah setelah beraktivitas dan bekerja, usahakan untuk tetap mandi sebelum tidur. Nah, terkait dengan kesehatan Anda, sebaiknya gunakan air hangat untuk mandi di malam hari.

Advertisement

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine, mandi atau berendam dengan air hangat setiap hari selama delapan pekan, efektif membantu kesehatan psikologi diri seseorang. Pasalnya, mandi dengan air hangat bisa meredakan kecemasan.

Selain itu, mandi dengan air hangat juga bisa memulihkan kesegaran tubuh. Namun begitu, perlu disadari efek samping penggunaan air hangat untuk mandi, yaitu bisa membuat kulit kehilangan kelembapannya.

Terkait dengan itu, saat hendak berendam atau mandi dengan air hangat, usahakan untuk mencampur air hangat dengan beberapa sendok makan minyak  zaitun atau minyak kelapa.

Advertisement

“Minyak [zaitun dan kelapa] bertindak sebagai pelembab, membantu menghilangkan sisik dan membuat kulit Anda tidak mudah terinfeksi,” ujar Abby Jacobson, anggota Emeritus Medical Board of The National Psoriasis Foundation, sebagaimana dilansir Prevention, Senin (14/9/2015).

Menurut Abby, Anda hanya perlu menyisihkan waktu sekitar 15 atau 20 menit untuk mandi atau berendam. Tidur di saat hawa dingin dengan kondisi tubuh bersih setelah mandi air hangat akan membantu tubuh memproduksi melatonin. Melatonin inilah yang membantu tubuh Anda rileks dan mudah tidur nyenyak.

Selain bisa membuat Anda tidur nyenyak, mandi dengan air hangat di malam hari setelah sibuk beraktivitas bisa menangkal flu. Pasalnya, mandi air hangat dapat melancarkan saluran hidung yang tersumbat sekaligus menghilangkan nyeri tubuh.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif