Lifestyle
Selasa, 15 September 2015 - 06:10 WIB

HASIL PENELITIAN : Hati-Hati, Tidur 9 Jam Tingkatkan Risiko Sakit Jantung!

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (yousaytoo,com)

Hasil penelitian mengungkapkan tidur terlalu lama dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Solopos.com, SOLO – Penelitian yang dilakukan Dr Chan Won Kim dari Kangbuk Samsung Hospital, Sungkyunkwan University School of Medicine, Seoul, membuktikan adanya kaitan antara tidur dan risiko penyakit jantung.

Advertisement

“Banyak orang, mungkin satu pertiga atau satu perempat dari populasi umum yang memiliki masalah dengan tidur. Entah itu kurang waktu tidur atau kualitas tidur yang jelek. Namun ternyata terlalu lama tidur juga berbahaya bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah,” ungkap Dr Kim sebagaimana dilansir Detik.com dari Reuters, Senin (14/9/2015).

Penelitian ini dilakukan Dr Kim kepada 47.000 pria dan wanita, dengan rata-rata umur 42 tahun. Mereka diminta untuk mengisi kuesioner dan dites lesi kalsium dan plak yang ada di pembuluh arteri menuju jantung. Tes juga dilakukan di pembuluh darah tangan dan kaki.

Penelitian itu menunjukkan orang yang tidurnya kurang dari lima jam memiliki kalsium 50 persen lebih banyak di pembuluh darah koroner. Sementara mereka yang tidur lebih dari sembilan jam bahkan lebih tinggi, sekitar 70 persen lebih banyak daripada mereka yang tidur tujuh jam.

Advertisement

“Adanya kalsium dalam pembuluh darah dan jantung bukan hal yang bagus. Semakin tinggi angka kalsium maka risiko mengalami serangan jantung menjadi semakin besar,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif