Soloraya
Minggu, 13 September 2015 - 04:15 WIB

DANA DESA : Pencairan di Wonogiri Belum Mencapai 50%

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis/Dok)

Dana desa di Wonogiri baru dicairkan 50%.
Solopos.com, WONOGIRI — Sampai dengan pertengahan September, belum semua desa di Kabupaten Wonogiri menyerahkan laporan pertanggungjawaban (LPj) penggunaan dana desa tahap pertama. Saat ini pencairan anggaran dana desa dari pemerintah pusat tahap kedua baru dilakukan untuk sekitar 50 desa saja.  
Menurut Kabag Pemerintahan Desa Kabupaten Wonogiri, Sriyono, seluruh kegiatan penggunaan dana desa tahap pertama di 251 desa sudah selesai. Hanya saja belum semua desa menyerahkan LPj, sebagai bentuk pertanggungjawaban penggunaan anggaran yang diterima.
Padahal saat ini sudah memasuki tahap pencairan tahap kedua. Sriyono mengatakan pencairan dana desa tahap kedua sudah dimulai sejak Agustus lalu. “Baru sekitar 50 desa yang sudah cair untuk dana desa tahap kedua. Besarannya sekitar Rp3 miliar,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Jumat (11/9/2015).
Sriyono mengatakan saat ini pihaknya sedang berada di Jakarta, mengikuti pertemuan dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan seluruh perwakilan Kabupaten/Kota terkait proses pencairan dana desa.
“Ada rencana dari pemerintah pusat untuk melakukan percepatan pencairan dana desa. Namun saat ini masih dibahas. Kami belum memegang surat edaran resminya,” kata dia.
Sementara itu di beberapa desa di Kabupaten Wonogiri mengaku telah melakukan proses pengajuan pencairan dana desa tahap kedua. Salah satunya adalah Desa Singodutan, Selogiri. Kepala Desa Singodutan, Karsanto, mengatakan pihaknya telah menyerahkan LPj penggunaan dana desa tahap pertama kepada Pemkab Wonogiri.
“Sudah kami serahkan ke Pemkab. Bahkan sudah mengalami revisi juga,” kata dia belum lama ini. Dana desa tersebut telah direncanakan untuk membangun infrastruktur desa.
Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Songbledeg, Paranggupito, Sutoto. “Penggunaan dana desa tahap pertama sudah terealisasi. Saat ini kami juga sudah mengajukan untuk pencairan tahap kedua,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif