Lifestyle
Sabtu, 12 September 2015 - 07:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Sering Insomnia? Coba Konsumsi 4 Bahan Makanan Ini!

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Tips kesehatan kali ini mengulas empat bahan makanan yang bisa membuat seseorang terbebas dari insomnia.

Solopos.com, SOLO — Tubuh membutuhkan waktu tidur setidaknya delapan jam sehari. Namun, kadang kala ada orang yang merasa gangguan kesehatan lantaran insomnia atau sulit tidur.

Advertisement

Orang yang kerap insomnia sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik. Hal ini tak jarang menimbulkan gangguan kesehatan dalam diri seseorang, seperti stres, muncul jerawat, kelelahan sepanjang hari, gangguan memori, kurang konsentrasi, depresi, dan merasa cemas.

Beberapa gangguan kesehatan akibat insomnia tersebut bisa semakin terpicu apabila seseorang memiliki kebiasaan merokok, tidak pernah tidur siang, dan mengonsumsi obat-obatan penenang.

Sebenarnya, Anda yang suka merasa insomnia tak perlu mengonsumsi obat-obatan penenang, karena ada bahan-bahan makanan yang bisa mengurangi insomnia Anda. Bahan-bahan makanan itu, antara lain kacang almond, madu, teh jintan, dan tahu susu.

Advertisement

Almond
Sebagaimana Solopos.com kutip dari Boldsky, Kamis (10/9/2015), kacang almond memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang baik untuk menenangkan otot-otot dan meningkatkan intensitas tidur seseorang. Anda cukup makan segenggam kacang almond setiap hari untuk membantu mengatasi insomnia Anda. [Baca juga: Tips Jitu Atasi Insomnia]

Madu
Madu adalah bahan makanan yang bisa Anda gunakan untuk mengobati insomnia. Pasalnya, madu mengandung asam amino dan triptofan yang membantu Anda untuk mudah tidur. Berdasarkan hasil sebuah penelitian, makan satu sendok madu sebelum tidur bisa membuat seseorang tidur nyenyak. [Baca juga: Cara Terbebas dari Insomnia]

Teh Jintan
Teh jintan yang terbuat dari seduhan biji jintan bisa mengurangi kelelahan pada tubuh seserorang. Biji jintan ini bisa menimbulkan ketenangan pada diri seseorang dan akhirnya memudahkan orang untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Advertisement

Tahu Susu
Tahu susu bisa pula disebut tofu. Bahan makanan bertekstur lembut ini bisa memperbaiki sistem pencernaan seseorang dan membantu penyerapan mineral serta nutrisi dalam tubuh. Bagi Anda yang dilanda insomnia, ada baiknya mengonsumsi setidaknya tiga cangkir tahu susu dalam sehari. Takaran cangkir ini bisa pula Anda ganti dengan mangkuk.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif