Lifestyle
Rabu, 9 September 2015 - 00:40 WIB

TIPS KESEHATAN : 5 Mitos Infeksi Saluran Kemih, Simak di Sini!

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi infeksi saluran kemih (Newhealthadvisor.com)

Tips kesehatan kali ini mengulas lima mitos soal infeksi saluran kemih yang selama ini berkembang di masyarakat.

Solopos.com, SOLO — Mitos soal infeksi saluran kemih (ISK) yang beredar di masyarakat salah satunya adalah tentang jus cranberry yang katanya bisa menghindarkan seseorang dari gangguan kesehatan tersebut. Benarkah?

Advertisement

Mitos lain yang juga beredar di masyarakat soal ISK adalah hanya wanita yang bisa terserang penyakit ini. Nyatanya, hal tersebut tidak benar. Pria juga bisa terkena penyakit tersebut, meski potensinya lebih kecil daripada wanita.

Untuk ulasan lebih lengkap, simak penjelasan berikut ini, sebagaimana Solopos.com rangkum dari Prevention, Selasa (8/9/2015).

Advertisement

Untuk ulasan lebih lengkap, simak penjelasan berikut ini, sebagaimana Solopos.com rangkum dari Prevention, Selasa (8/9/2015).

1. Jorok
Secara umum, orang beranggapan pola hidup jorok menjadi faktor utama penyebab seseorang infeksi saluran kemih. Hal tersebut tidak sepenuhnya dibenarkan ahli urologi dari Philadelphia Einstein Healthcare Network, Steven Sterious.

Sterious menjelaskan, orang yang memiliki pola hidup bersih masih bisa terkena infeksi saluran kemih. Sementara itu, ia menyebut adanya faktor lain yang bisa membuat orang terkena ISK, seperti pakaian ketat atau kerap berendam di air panas.

Advertisement

“Ini sangat jarang terjadi pada pria muda. Biasanya, pria yang terkena ISK itu  berusia 50 tahun ke atas,” jelas Sterous.

Sterous tidak menampik soal potensi risiko lebih besar memang terjadi kepada wanita dibandingkan pria. Hal tersebut karena uretra wanita lebih pendek daripada uretra pria. Ini menyebabkan bakteri lebih mudah menjangkau kandung kemih wanita daripada milik pria.

3. Minum Jus Cranberry
Sebagian orang percaya, jus cranberry efektif mencegah bakteri berkembang di kandung kemih. Nyatanya, menurut Sterous berdasarkan hasil penelitiannya, jus cranberry belum terbukti memberi efek yang signifikan pada pencegahan ISK.

Advertisement

“Dibandingkan dengan plasebo, produk cranberry belum terbukti secara signifikan mengurangi potensi terjadinya ISK,” kata Sterious.

4. Wanita Aktif Behubungan Intim
Sterious menjelaskan, aktivitas wanita di ranjang belum tentu menjadi faktor utama seseorang terkena ISK. Penjelasan Sterious ini berkaitan dengan anggapan publik yang mengatakan wanita dengan aktivitas hubungan intim cukup tinggi akan berpotensi lebih besar terkena ISK.

“Hubungan intim memang dapat memicu ISK, tapi itu bukan satu-satunya faktor,” kata Sterious.

Advertisement

Ketimbang mempermasalahkan soal intensitas di ranjang sebagai penyebab utama ISK, Sterious lebih memilih untuk mengimbau masyarakat agar menjaga daya imun atau kekebalan tubuh.

5. ISK Sangat Berbahaya
Sterious menjelaskan ISK memang perlu diwaspadai, tapi bukan berarti masyarakat harus ketakutan dengan penyakit ini. Menurut Sterious, ISK bisa segera hilang apabila penyakit itu ditangani dengan tepat.

“ISK adalah penyakit umum, terutama pada wanita, tapi hal itu tidak menjamin akan membuat gangguan kesehatan yang serius,” kata Sterious.

Kendati bukan penyakit serius, infeksi pada saluran kemih bisa menjalar ke ginjal dan tentu hal itu akan mengakibatkan kondisi kesehatan memburuk. Maka dari itu, Steriuos mengimbau agar masyarakat peka dengan kondisi kesehatannya. Jika terindikasi kena ISK, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif