Soloraya
Selasa, 8 September 2015 - 13:00 WIB

PILKADA WONOGIRI 2015 : Pastikan Netralitas, Panwaslu Pelototi PNS dan Perangkat Desa

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

Pilkada Wonogiri 2015 kini dalam tahap kampanye peserta pilkada.

Solopos.com, WONOGIRI – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Wonogiri siap memantau keterlibatan PNS, perangkat desa dan TNI/Polri dalam kegiatan kampanye yang dilakukan kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati Wonogiri.

Advertisement

Seperti diketahui saat ini proses pilkada sudah memasuki tahap kampanye bagi kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati Wonogiri.

Ketua Panwaslu Wonogiri, Isnawati Sholihah, mengatakan saat ini pihaknya telah mendapat tembusan surat pemberitahuan pelaksanaan kampanye dari kedua pasangan calon.

Advertisement

Ketua Panwaslu Wonogiri, Isnawati Sholihah, mengatakan saat ini pihaknya telah mendapat tembusan surat pemberitahuan pelaksanaan kampanye dari kedua pasangan calon.

“Kami sudah mendapat tembusannya. Sebab untuk pemberitahuan itu dikirimnya ke Polres Wonogiri,” kata dia saat dihubungi, Senin (7/9/2015).

Terkait pelaksanaan kampanye tersebut, pihaknya akan melakukan pemantauan.

Advertisement

Salah satu fokus pengawasan yang akan dilakukan adalah terkait keterlibatan PNS, perangkat desa atau kelurahan serta TNI/Polri dalam kampanye tersebut.

Panwaslu juga akan menyoroti fasilitas yang digunakan untuk kegiatan kampanye. “Apakah menggunakan fasilitas pemerintah atau tidak,” kata dia.

Sesuai Peraturan KPU No. 7/2015, dalam kegiatan kampanye pasangan calon atau tim kampanye dilarang melibatkan pejabat badan usaha milik negara (BUMN) atau badan usaha milik daerah (BUMD), aparatur sipil negara, anggota TNI/Polri, kepala desa atau lurah dan perangkatnya.

Advertisement

Pejabat negara, pejabat struktural dan pejabat fungsional dalam jabatan negeri serta aparatur sipil negara lainnya dilarang mengadakan kegiatan yang mengarah pada keberpihakan terhadap salah satu pasangan calon. Baik sebelum, selama maupun setelah masa kampanye.

Di sisi lain, pasangan Joko Sutopo-Edi Santoso sudah melaporkan jadwal kegiatan kampanye yang akan dilakukan.

Menurut perwakilan tim pemenangan pasangan Joko-Edi, Setyo Sukarno, ada beberapa lokasi kampanye yang sudah dijadwalkan. Pada Sabtu (12/9/2015) dilakukan di RT 005/RW 002 Pengkol, Bulukerto; Sabtu (19/9/2015) di RT 003/RW 005 Bulukerto; Minggu (20/9/2015) di Kayuloka, Sidoharjo; Sabtu (26/9/2015) RT 001/RW 003 Geneng; Kamis (8/1/20150) di Jatiwayang, Tremes, Sidoharjo dan Selasa (13/10/2015) di Sindon, Kayuloka, Sidoharjo.

Advertisement

Sementara itu untuk pasangan Hamid Noor Yasin-Wawan Setya Nugraha belum menyusun jadwal kampanye tersebut.

“Saat ini dari tim maupun kegiatan Pak Hamid masih sebatas mendatangi undangan. Untuk itu jadwal secara pasti belum,” kata liaison officer (LO) pasangan Hamid-Wawan, Yudi, Senin.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif