Lifestyle
Selasa, 1 September 2015 - 18:45 WIB

TIPS KESEHATAN : 5 Cara Ini Terbukti Mampu Kuatkan Mental

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (rodalesorganiclife.com)

Tips kesehatan memberi tips bagi Anda mendapatkan mental yang kuat. 

Solopos.com, SOLO – Seperti halnya ketahanan fisik yang perlu diasah, mental atau pikiran manusia juga memerlukan latihan. Kekuatan mental diperlukan untuk menghindari gangguan mental seperti stres dan depresi.

Advertisement

Dikutip Solopos.com, Selasa (1/9/2015), dari laman Psychologytoday.com, orang bermental kuat menciptakan kebiasaan sendiri guna menguatkan otot mental mereka. Seorang pekerja sosial dan psikiater, Amy Morin, memberikan cara  untuk mengasah kekuatan mental manusia:

Gunakan Energi Pikiran Sebijak Mungkin
Kategorikan kegiatan menjadi beberapa bagian. Apakah kegiatan tersebut penting, kurang penting atau tidak penting. Penggolongan tersebut akan membuat seseorang mampu mengatur tenaga yang harus dikeluarkan. Jangan mudah terganggu dengan kegiatan yang tidak penting dan tidak produktif.

Bingkai Kembali Pikiran Negatif
Orang yang bermental kuat tidak akan jatuh hanya karena dikritik atau dicerca. Ubah pikiran negatif menjadi motivasi yang akan membuat diri Anda semangat dan produktif.

Advertisement

Punya Tujuan
Menentukan goal atau tujuan sangat penting untuk menciptakan mental yang kuat. Tujuan yang jelas membuat usaha yang dilakukan menjadi berarti dan berharga.

Bersyukur
Bukan suatu kesalahan apabila manusia menginginkan sesuatu yang lebih. Namun, bersyukur pada Tuhan atas nikmat yang diberikan merupakan cara cerdas untuk mengakui keberuntungan hidup.

Menyeimbangkan Emosi dan Logika
Pahami emosi dan tindakan terlebih dahulu. Orang bermental kuat akan memberikan perhatian lebih kepada emosi yang bisa mempengaruhi keputusan mereka. Seimbangkan emosi dan logika agar mendapatkan kemungkinan  terbaik. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif