Lifestyle
Minggu, 30 Agustus 2015 - 07:45 WIB

TIPS KESEHATAN : Posisi Tidur Miring Terbukti Mampu Melindungi Otak

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tidur Berkualitas (Magforwomen.com)

Tips kesehatan memberikan informasi tentang posisi tidur yang baik untuk melindungi otak.

Solopos.com, SOLO – Posisi tidur tak hanya membuat tidur Anda pulas dan berkualitas. Posisi tidur yang baik juga  dapat melindungi beberapa organ vital dalam tubuh, seperti otak.

Advertisement

Dikutip Solopos.com, Kamis (27/8/2015) dari Rodalewellness.com, tidur dengan posisi miring memberikan manfaat lebih pada kesehatan otak ketimbang posisi telentang atau telungkup.

Para peneliti menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging) untuk memonitor sistem kerja otak. Sistem kerja otak saat tidur, glymphatic, terbukti bekerja secara maksimal saat seseorang tidur dengan posisi miring. Peneliti setuju bahwa posisi tidur yang benar dapat mengurangi risiko gangguan otak atau penyakit neurologi.

Seorang peneliti dan penulis buku, Michael Breus juga menyebutkan pentingnya penggunaan bantal yang tepat. “Bantal adalah perangkat yang penting untuk menjaga kualitas tidur dan kesehatan badan,” tutur Breus.

Advertisement

Breus menyerankan untuk memilih bantal yang cukup untuk menutup rongga dari telinga sampai bahu agar terhindar dari nyeri leher dan bahu. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif