Lifestyle
Minggu, 30 Agustus 2015 - 19:20 WIB

KESEHATAN : Ini Nutrisi yang Dibutuhkan Anak dalam Periode Emas

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/Is Ariyanto)

Kesehatan bayi terutama dalam periode emas membutuhkan asupan gizi yang seimbang.

Harianjogja.com, JOGJA – Pilihan nutrisi yang tepat dapat melengkapi kebutuhan anak secara menyeluruh sehingga mendukung tumbuh kembangnya, kata pakar gizi Stella Evangelina Bela.

Advertisement

“Asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai tahapan usia akan bekerja dengan efektif dalam tubuh anak,” katanya pada peluncuran Nestle Dancow Excelnutri+ di Yogyakarta, Sabtu (298/2015).

Menurut dia, nutrisi untuk membantu perlindungan anak dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium longum, minyak ikan, dan nutrisi penting lainnya.

Advertisement

Menurut dia, nutrisi untuk membantu perlindungan anak dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium longum, minyak ikan, dan nutrisi penting lainnya.

“Nutrisi tersebut dapat membantu melindungi anak sehingga dapat belajar dan bereksplorasi. Fakta menunjukkan sekitar 80 persen sistem daya tahan tubuh terletak pada saluran cerna,” katanya.

Dokter spesialis kandungan Ali Sungkar mengatakan masa seribu hari pertama atau periode emas dalam kehidupan anak yang dimulai dari masa kehamilan hingga usia dua tahun.

Advertisement

Pada periode itu, kata dia, apa yang telah ditanamkan pada anak secara fisik dan psikologis akan mempengaruhi proses pertumbuhannya sampai dewasa.

Menurut dia, pada periode emas anak, peran penting orang tua dalam memenuhi tiga kebutuhan dasar yakni perlindungan, stimulasi dan fisik, serta kasih sayang untuk memastikan tumbuh kembang anak sangat dibutuhkan.

“Hal itu disebabkan asupan nutrisi yang baik akan memenuhi kebutuhan fisik anak dan membantu mereka untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal,” katanya.

Advertisement

Psikolog Lia Mawarsari Boediman mengatakan selain nutrisi yang cukup dan stimulasi yang tepat, kasih sayang dan cinta orang tua sangat berperan dalam tumbuh kembang anak terutama psikososial.

“Cinta orang tua bukan sekadar pelukan hangat, belaian lembut, dan menghabiskan waktu bersama. Perlindungan juga merupakan salah satu wujud dari kasih sayang dan cinta orang tua terhadap anak,” katanya.

Senior Brand Manager Dancow Excelnutri+ PT Nestle Indonesia Riza Nopalas mengatakan Nestle Dancow 1+ meluncurkan Dancow Excelnutri+ yang mampu melindungi anak dengan asupan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Advertisement

“Dengan demikian, anak dapat bereksplorasi dan siap bertualang. Kami ingin memastikan anak Indonesia terlindungi dengan memberikan nutrisi yang tepat karena mereka pada masa belajardan bereksplorasi,” katanya.

Menurut dia, Dancow juga menghadirkan Dancow Excelnutri+ Ranch Adventure, sebuah area bermain berbentuk peternakan di Yogyakarta yang didesain untuk memberikan stimulasi pada semua panca indera (melihat, mendengar, menyentuh, mencium, dan merasakan).

“Hal itu untuk mendukung keterampilan sensorik, motorik, keterampilan dalam berkomunikasi, sosial-emosional, kemandirian, kognitif, dan kreativitas anak,” katanya.

Ia mengatakan Yogyakarta merupakan kota kedua diselenggarakannya Ranch Adventure, setelah pada Mei 2015 diselenggarakan di Jakarta.

“Dancow Excelnutri+ Ranch Adventure merupakan bagian dari rangkaian kampanye nasional Nestle yang juga akan dilaksanakan di Semarang, Medan, Makassar, dan kembali di Jakarta,” katanya.

Advertisement
Kata Kunci : Kesehatan Tips Kesehatan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif