Soloraya
Jumat, 28 Agustus 2015 - 17:40 WIB

KEBAKARAN WONOGIRI : Hutan Gunung Gandul Terbakar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - petugas berupaya memadamkan kobaran api di Gunung Gandul, Wonogiri. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Kebakaran Wonogiri melanda kawasan Gunung Gandul

Solopos.com, WONOGIRI--Hutan Gunung Gandul di Kelurahan Giriwono dan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Jumat (28/8/2015) siang terbakar. Dua mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk proses pemadaman api.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Solopos.com, lokasi kebakaran berada sekitar 500 meter dari permukiman warga. Titik awal kebakaran tepat berada di tepi jalan. Api bergerak naik hingga ke puncak bukit. Api hanya membakar daun-daun kering yang ada di tanah. Tidak sampai membakar pohon sono keling yang tumbuh di hutan milik Perhutani tersebut. Hanya dikhawatirkan api akan menjalar hingga ke permukiman warga jika tidak segera ditangani. Mengingat angin saat itu berhembus cukup kencang. Sejumlah petugas pemadam kebakaran pun diterjunkan untuk memadamkan api.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, api mulai muncul pada Jumat pukul 09.00 WIB di petak 13 perbukitan Gunung Gandul, perbatasan antara Kelurahan Giriwono dan Giripurwo. Setelah mendapat laporan warga, petugas pemadam kebakaran pun langsung menuju lokasi. “Kami menerjunkan dua mobil pemadam kebakaran. Belum diketahui berapa luas area yang terbakar, sebab saat ini proses pemadaman masih berlangsung,” kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran Wonogiri, Endang Estriningsih, saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Hingga Jumat pukul 11.45 WIB, petugas masih berupaya untuk memadamkan api di puncak bukit. Asap pun masih tampak mengepul. Sedangkan di area bawah, api sudah dapat dipadamkan.

Advertisement

Sementara itu Kapolres Wonogiri, AKBP Windro Akbar Panggabean, melalui Kapolsek Wonogiri, AKP Surono, mengatakan Jumat lalu pihaknya langsung menyiagakan jajarannya di sekitar lokasi kebakaran. “Anggota dan kendaraan operasional kami siagakan,” ungkap dia saat ditemui wartawan di lokasi kebakaran. Dia berharap api tidak sampai menjalar ke pemrmukiman warga.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif