Lifestyle
Rabu, 26 Agustus 2015 - 02:10 WIB

TIPS KESEHATAN : 5 Kebiasaan Ini Akibatkan Gangguan Mental

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi depresi (www.mentalhealth.com)

Tips kesehatan dapat Anda waspadai agar mental kesehatan mental Anda tetap terjaga.

Solopos.com, SOLO – Gangguan kesehatan mental atau depresi bukan hanya disebabkan oleh kejadian-kejadian buruk yang menimpa seseorang. Perilaku sehari-hari juga dapat mempengaruhi kesehatan mental.

Advertisement

Dikutip Solopos.com, Selasa (25/8/2015) dari Health.com, kebiasaan hidup yang kurang baik dapat menyebabkan perubahan mood atau emosi tanpa Anda sadari. Perilaku-perilaku tersebut dapat menstimulus otak untuk memproduksi mood negatif yang dapat mengerogoti kebahagiaan seseorang.

Berikut adalah sikap dan perilaku yang berakibat buruk pada kesehatan mental:

Berjalan membungkuk
Sebuah penelitian yang dimuat di Jurnal Perilaku dan Penelitian Psikologis menyebutkan orang yang berjalan membungkuk memiliki mood atau emosi yang lebih buruk daripada orang yang berjalan dengan posis tegak. Hal ini dikarenakan seseorang yang berjalan membungkuk akan lebih mudah mengingat kejadian-kejadian buruk atau mudah dikuasai pikiran negatif.

Advertisement

Memotret Semua yang Dijumpai
Para penggemar media sosial Instragram mungkin akan terkejut dengan fakta ini. Penelitian menunjukkan orang yang senang memotret apapun yang mereka lihat sebenarnya mengalami kesulitan untuk mengingat kembali apa yang mereka potret. Hal ini jauh berbeda dengan orang yang hanya senang melihat-lihat tanpa memotret, mereka memiliki ingatan yang lebih baik mengenai hal-hal yang mereka lihat dan saksikan tanpa harus mengabadikannya.

Tidak berolahraga
Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Penelitian menunjukkan risiko depresi akan turun 19% apabila seseorang melakukan olahraga rutin. Orang-orang yang mengalamai gangguan depresi biasanya adalah orang-orang yang tidak aktif dalam menjaga kesehahatan tubuh mereka.

Tidak Punya Waktu untuk Diri Sendiri
Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga memang hal yang baik. Namun, tidak memiliki waktu untuk diri sendiri bisa menimbulkan stres. Alokasikan sejenak waktu Anda untuk memanjakan diri tanpa harus berkutat dengan orang lain.

Advertisement

Susah Tidur
Tidur bisa mempengaruhi semua hal. Tubuh yang beristirahat saat tidur akan membantu memperbaiki sistem tubuh yang sudah bekerja seharian. Cukupkan tidur Anda dan hindari begadang. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif