Lifestyle
Sabtu, 15 Agustus 2015 - 15:15 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Ini Manfaat Tahu bagi Tubuh, Cegah Kanker dan Anemia

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tahu (ohmyveggies.com)

Tips hidup sehat ini mengenai manfaat tahu.

Solopos.com, SOLO — Siapa tak kenal tahu? Lauk yang terbuat dari olahan kedelai itu sangat lazim dikonsumsi oleh masyarakat Tanah Air. Bahkan tahu seolah-olah menjadi menu wajib yang kerap hadir di meja makan kita.

Advertisement

Tahu dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, baik itu digoreng atau dimasak dengan bahan makanan lain. Selain rasanya yang lezat, tahu juga memiliki banyak manfaat yang menyehatkan tubuh. Berikut ini sejumlah manfaat mengonsumsi tahu, seperti dikutip dari organicfacts.net, Sabtu 15/8/2015) :

1. Memberi Asupan Protein
Tubuh manusia perlu protein untuk dapat berfungsi dengan baik. Protein tidak hanya terkandung dalam daging, namun juga ada pada sayuran seperti kacang kedelai yang menjadi bahan dasar tahu.

Kacang kedelai yang diolah menjadi tahu mengandung asam amino. Asam amino ini diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Advertisement

2. Menurunkan Kadar Kolesterol
Tahu dapat mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh karena tahu memiliki kemampuan untuk menyerap minyak goreng dan cairan berbahaya lain.

Tahu memiliki kadar lemak jenuh lebih sedikit dan lemak tak jenuh lebih banyak dari daging sapi sehingga dapat mengatur metabolisme lebih baik dari daging.

3. Mencegah Anemia
Manfaat lain dari tahu yaitu dapat mencegah anemia. Penelitian yang dilakukan di Tiongkok mengatakan tahu dapat menurunkan risiko anemia pada orang dewasa.

Advertisement

4. Mencegah Kanker
Tofu mengandung zat isoflavon yang dikenal bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker. Debuah penelitian terkait dengan hubungan kedelai dan kanker menunjukkan mengonsumsi tahu secara teratur dapat mengurangi risiko kanker endometrium pada wanita.

5. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Kedelai yang menjadi bahan dasar tahu dapat menurunkan kadar lemak jenuh dan kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Memberi Asupan Zat Besi
Zat besi merupakan zat yang penting untuk memasok oksigen ke seluruh tubuh agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Zat besi akan membentuk hemoglobin yang mengangkut gas oksigen ke seluruh tubuh.

Tahu merupakan salah satu penyedia zat besi dalam jumlah besar sehingga dapat membantu sirkulasi oksigen di dalam tubuh. (Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif