Lifestyle
Jumat, 14 Agustus 2015 - 08:10 WIB

TIPS DIET : 5 Mitos Salah Soal Diet

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi diet (JIBI/Solopos/Dok)

Tips diet memberikan informasi  diet yang salah.

Solopos.com, SOLO – Menurunkan berat membutuhkan teknik dan cara yang tepat. Namun sayang, banyak orang yang terjebak pada mitos diet yang salah.

Advertisement

Dilansir Businessinsider.co.id, Rabu (12/8/2015), anjuran diet yang salah akan membuat pelaku diet kesulitan untuk mencapai tujuan mereka. Cara diet yang salah justru akan membahayakan kesehatan tubuh.

Berikut beberapa mitos diet yang tak patut Anda percaya:

Hanya Butuh Olahraga
Pendapat tersebut bisa menyesatkan para pelaku diet. Penelitian menunjukkan pola makan lebih berperan dalam mengurai berat badan ketimbang olahraga. Seorang ilmuwan dari University of Texas, Philip Stanforth, menyebutkan olahraga lebih berguna untuk menjaga badan agar tetap bugar ketimbang daripada menurunkan berat badan.

Advertisement

Angkat Beban Mengubah Lemak Menjadi Otot
Olahraga angkat beban tidak akan membuat timbunan lemak menghilang. Penelitian menunjukkan lemak tubuh tidak bisa berubah menjadi otot.

Olahraga Paling Efektif di Pagi Hari
Olahraga bisa dilakukan kapanpun. Beberapa penelitian menyatakan melakukan olahraga sebelum memulai aktivitas bisa meningkatkan energi tubuh. Namun, olahraga untuk menurunkan berat badan paling cocok dilakukan siang hari. Berolahraga di bawah terik matahari akan membantu pembakaran lemak lebih efektif.

Tidak Mengonsumsi Karbohidrat dan Gula
Pendapat yang salah dalam berdiet adalah menghentikan sementara konsumsi karbohidrat dan gula. Ketika berat badan sudah turun, maka pola makan akan kembali seperti semula. Philip Standforth menjelaskan cara menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal adalah dengan menentukan pola makan dan melakukannya sampai akhir.

Advertisement

Olahraga Dua Kali Sepekan Sudah Cukup
Berolahraga hanya satu atau dua kali dalam satu pekan tidak akan membawa banyak manfaat untuk tubuh. Penelitian menunjukkan tubuh manusia perlu olahraga minimal tiga kali dalam satu pekan. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Kata Kunci : Tips Diet Tips Kesehatan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif