Soloraya
Jumat, 7 Agustus 2015 - 00:40 WIB

INFRASTRUKTUR WONOGIRI : Desa Dapat Bantuan Rp 11,1 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kerusakan jalan (JIBI/Solopos/Antara)

Infrastruktur Wonogiri, 250 desa peroleh bantuan sarana dari pemerintah

Solopos.com, WONOGIRI–Sebanyak 250 desa di Wonogiri memperoleh bantuan sarana dan prasarana dasar tahun ini. Selain untuk meningkatkan infrastruktur di desa, bantuan yang bersumber dari pemerintah provinsi tersebut juga untuk melatih desa mengelola keuangannya.

Advertisement

Kabid Penanggulangan Kemiskinan Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Wonogiri, Sigit Purwanto, mengatakan total anggaran yang disalurkan untuk kegiatan tersebut senilai Rp 11,1 miliar. “Dana tersebut tersebar di 250 desa yang ada di Wonogiri. Itu adalah bantuan keuangan pemerintah provinsi,” kata dia saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (6/8/2015). Dia mengatakan saat ini semua dana bantuan telah dicairkan di masing-masing desa. Bahkan sudah ada yang menyerahkan laporan pertanggungjawaban (SPj) hasil kegiatan.

“Dana sudah cair 100 persen pada 24 Juni lalu. Saat ini 80 persen kegiatan fisinya telah dilakukan. Bahkan 15 persen di antaranya sudah menyerahkan SPj,” kata dia.

Sigit mengatakan setiap desa mendapatkan Rp40 juta-Rp50 juta. Besaran bantuan tersebut disesuaikan dengan kategori desa. Untuk desa pemula, bantuan yang didapatkan senilai Rp50 juta. Sedangkan untuk desa prakarsa mendapatkan Rp40 juta. “Penentuan status desa itu berdasarkan Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) 2011,” kata dia. Bantuan tersebut diperuntukan untuk sarana kesehatan, sarana pendidikan, sarana ekonomi dan infrastruktur desa. Namun menurut Sigit penggunaan bantuan di Wonogiri masih didominasi untuk pembangunan infrastruktur jalan.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Desa Jimbar, Pracimantoro, Sutrisno, mengatakan program bantuan sarana dan prasarana dasar sangat membantu desa. Khususnya untuk meningkatkan kualitas infrastruktur di wilayahnya. Sutrisno mengatakan desanya memperoleh bantuan Rp50 juta yang digunakan untuk pengerasan jalan dan pembangunan talut jalan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif