Lifestyle
Kamis, 6 Agustus 2015 - 06:10 WIB

TIPS KESEHATAN : Inilah 5 Tips Panjang Umur

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ( Thinkstock)

Tips kesehatan memberikan Anda trik mendapatkan panjang umur.

Solopos.com, SOLO – Manusia tentu mendambakan badan sehat dan umur yang panjang. Bertambahnya usia sering menjadi penyebab utama daya tahan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit. Penelitian menunjukkan bukan hanya tubuh sehat yang dibutuhkan untuk berumur panjang.

Advertisement

Dikutip Solopos.com, Rabu (5/8/2015) dari Menshealth.com, umur panjang merupakan bukti orang bisa menjaga tubuhnya dengan baik. Hal ini dikarenakan tubuh yang sehat dapat mencegah penyakit karena bertambahnya usia seperti penyakit mata, stroke, atau diabetes. Selain tubuh yang sehat, orang-orang membutuhkan hal lain agar berumur panjang.

Berikut tips untuk memiliki umur panjang:

Meditasi 10 menit
Sempatkan waktu untuk sekadar duduk di tempat yang tenang, bernapas dalam-dalam, dan berhitung sampai 10.

Advertisement

Menurut penelitian universitas UC Davis Study, Amerika Serikat, seseorang yang meditasi setiap hari selama tiga bulan memiliki jumlah enzim telomerase yang lebih banyak. Enzim tersebut berguna untuk memberikan kestabilan pada kromosom dalam tubuh.

Monsumsi Buah dan Sayuran
Buah dan sayuran mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa merusak tubuh.

Bersosialisasi
Cobalah untuk meluaskan kehidupan sosial. Berkenalan dengan orang baru dapat meningkatkan produksi enzim telomerase. Hal ini sudah diteliti oleh Universitas Michigan, Amerika Serikat, bahwa orang yang kurang bersosialisasi memiliki jumlah telomerase yang lebih sedikit.

Advertisement

Mongonsumsi Protein
Protein sangat penting untuk tubuh. Universitas Ohaio, Amerika Serikat menjelaskan mengonsumsi Omega-3 bisa memperbaiki keadaan telomerase yang tidak stabil.

Perhatikan Konsumsi Asam Folat
Asam folat memang bermanfaat bagi tubuh, namun terlalu banyak asam folat akan merusak DNA manusia. Penelitian menunjukkan orang dengan asam folat tinggi memiliki telomerase yang paling sedikit. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif